Pemkot Mataram Anggarkan Tambahan Alat Cetak KTP Elektronik

Mataram (suarantb.com) – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram telah mengajukan tambahan alat cetak KTP elektronik dalam APBD Perubahan sebanyak satu unit. Penambahan ini ditujukan dalam rangka meningkatkan pelayanan pembuatan KTP elektronik di tahun-tahun selanjutnya.

Kepala Dinas Dukcapil Kota Mataram, H. Ridwan mengatakan dengan sejumlah alat cetak yang dimiliki saat ini pelayanan kependudukan terlaksana dengan baik dan lancar. Namun pihaknya menganggarkan penambahan alat cetak untuk menunjang peningkatakan pelayanan.

“Untuk satu alat cetak, mungkin harganya sekitar Rp 60 juta atau 70 juta lah,” kata Ridwan.

Saat ini, Dinas Dukcapil Kota Mataram memiliki empat buah alat cetak. Selain satu unit dianggarkan di APBD Perubahan, direncanakan penambahan dua unit alat cetak pada 2017.

Dari tujuh jumlah alat cetak tersebut tidak digunakan sekaligus. Namun beberapa akan dipersiapkan sebagai cadangan apabila alat cetak lainnya mengalami kerusakan, sehingga tidak menimbulkan kendala dalam aktivitas pelayanan KTP elektronik.

“Tidak harus menunggu alat yang rusak itu diperbaiki dulu. Itu cara kerja kita. Jadi, harus ada alat yang ready,” terangnya.

Untuk pencetakan ini, Dinas Dukcapil mengaku tidak menyediakan untuk setiap kecamatan. Sebab, kebijakan dari pemerintah pusat mengharuskan pencetakan KTP elektronik jarus dilakukan di Dinas Dukcapil. Kecamatan hanya bertugas melakukan perekaman.

Ridwan mengatakan waktu yang dibutuhkan untuk pencetakan cukup singkat, sehingga tidak menjadi persoalan jika dicetak secara kolektif di Dinas Dukcapil. “Tinggal menambah alat cetak untuk meningkatkan kapasitas pencetakan kita,” pungkasnya. (rdi)