APBDP Belum Final, Gelar TTG Nasional di NTB Ditunda

Mataram (suarantb.com) – Kegiatan nasional Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) yang semula dijadwalkan tanggal 2 November ditunda hingga akhir November. Keputusan ini didasarkan pada surat Gubernur NTB ke Kementerian Desa, dengan alasan adanya kegiatan yang harus melalui sistem pelelangan, sementara APBD Perubahan (APBDP) Provinsi NTB belum final.

Kepala Badan Pemberdayaan Mayarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) NTB, Rusman mengatakan, Kemendagri telah membatalkan tiga kegiatan nasional lain yang rencananya akan dilaksanakan di NTB, yaitu Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM), Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan (Pemdeskel), dan Kesatuan Gerak PKK dengan alasan rasionalisasi anggaran. Hanya Gelar TTG yang tetap diselenggarakan di NTB. Kegiatan ini akan digelar di area Bandara Selaparang, Rembiga.

Kendati tiga kegiatan dibatalkan, namun Rusman cukup yakin Gelar TTG akan menghadirkan banyak peserta. Pasalnya setiap desa yang ada di seluruh wilayah Indonesia akan memboyong rombongannya untuk memeriahkan kegiatan ini.

“Kalau dilihat dari semua provinsi yang ada di Indonesia, biasanya 400 stan TTG itu akan ada,” katanya. Dari perkiraan jumlah stan, jika dikalikan dengan sekian orang pada tiap stan, maka jumlah pengunjung Gelar TTG diprediksi akan melonjak cukup signifikan.

Dalam rangka persiapan, BPMPD NTB telah berkoordinasi dengan Pemkot Mataram selaku tuan rumah pusat lokasi kegiatan. Sedangkan persiapan beberapa item kegiatan, seperti pembuatan stan yang akan berhubungan langsung dengan peserta TTG dipersiapkan dengan matang oleh EO.

Dalam Gelar TTG nanti, Provinsi NTB akan tampilkan alat yang dirancang para juara anugerah TTG tingkat provinsi 2015, mulai dari juara pertama, kedua, dan ketiga. Selain itu juga alat yang diciptakan juara harapan pertama, kedua, dan ketiga. Beberapa peralatan yang berhasil diciptakan di antaranya alat bantu cacat tubuh, alat pendeteksi bencana banjir, dan lain-lain.

“Untuk penemuan TTG tahun ini tidak bisa ditampilkan, karena pelaksanaannya setelah gelar TTG nasional ini,” ungkapnya. (rdi)