Semua JCH Kota Mataram Dipastikan Sudah Sampai di Mekah

Mataram (suarantb.com) – Semua jemaah calon haji (JCH) asal Kota Mataram dipastikan telah sampai di Mekah pada tanggal 6 September 2016 kemarin. Kloter terakhir telah mencapai Kota Mekah pada jam 24.00 waktu Arab Saudi, yaitu beberapa jam sebelum tanggal penutupan (closing date) masuknya JCH dari berbagai penjuru dunia.

Tanggal penutupan jatuh pada pukul 00.00 waktu Arab Saudi pada tanggal 6 September 2016. Setelah tanggal penutupan, tidak diperbolehkan lagi masuknya JCH ke Mekah. Jadi semua JCH harus dipastikan bisa mencapai Mekah sebelum tanggal tersebut.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram, H. Burhanul Islam. Ia mengatakan, JCH kloter terakhir Kota Mataram atau kloter 10 mendapat pondokan di Aziziyah, yaitu daerah yang berada di luar Mekah atau sekitar 3 kilometer dari Masjidil Haram.

Namun kawasan Aziziyah ini lebih dekat ke Arafah, Mina dan Muzdalifah. Untuk sampai ke Masjidil Haram dari Aziziyah, cukup membutuhkan waktu. Apalagi sejak diberhentikannya penggunaan bus menjelang pelaksanaan wukuf di Arafah. Oleh sebab itu, JCH harus menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan sewa pribadi.

“Karena kalau dari Aziziyah, kita harus melewati terowongan. Karena letaknya agak keluar sedikit dari Mekah,” terangnya.

Jamaah akan melaksanakan wukuf sehari sebelum hari raya Idul Adha waktu setempat. Bagi JCH yang kondisi uzur, serta yang menggunakan kursi roda, jika tidak memungkinkan maka akan mengikuti safari wukuf. Jamaah uzur tersebut bersama dengan mahramnya akan dibawa menggunakan ambulan atau bus khusus.

“Ini bagi jamaah yang menggunakan kursi roda atau yang sudah uzur itu. Tapi mudah-mudahan mereka tetap sehat supaya tidak disafariwukufkan,” harapnya. (rdi)