Panitia HAN Persiapkan Kampung Anak Nusantara

Mataram (suarantb.com) – Kota Mataram akan menjadi tuan rumah kegiatan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) pekan depan. Rencananya kegiatan nasional ini akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo. Panitia juga telah melakukan berbagai persiapan, salah satunya mendirikan kampung anak nusantara di Lapangan Umum Mataram.

Salah satu Panitia Bidang Kemitraan dan Sosial, Nyayu Ernawati kepada suarantb.com menyampaikan kampung anak ini didirikan di dua tempat; Lapangan Umum Mataram dan area Hotel Lombok Raya yang menjadi salah satu lokasi pelaksanaan. Namun kampung anak di Lapangan Umum ini skalanya lebih besar.

Pantauan suarantb.com, beberapa pekerja sibuk membangun berugak atau balai dari bambu dan atap dari alang-alang. Nyayu menyampaikan format kampung anak ini nantinya akan diisi oleh berbagai jenis permainan tradisional. Berbagai jenis permainan yang saat ini sangat jarang ditampilkan akan diperkenalkan kembali di kampung anak tersebut.

Harapannya anak-anak di era sekarang bisa mengenal kembali berbagai jenis permainan tradisional yang hampir punah. “Akan ada beberapa berugak di dalamnya,” ujarnya. Di kampung anak nusantara ini, anak-anak bisa bermain. Selain itu disiapkan juga tempat bagi anak-anak untuk berlatih berbagai jenis kesenian.

Nyayu menyampaikan dalam kegiatan ini diberikan juga kesempatan kepada anak-anak penyandang disabilitas untuk menampilkan bakatnya. “Ada juga anak-anak kita yang disabilitas akan unjuk kemampuan, juga anak-anak kita yang berprestasi,” ujarnya.

Peringatan HAN akan mulai dilaksanakan tanggal 20 Juli 2016 mendatang di Taman Sangkareang. Acara pembukaan akan dirangkai dengan pawai budaya yang akan diikuti oleh seluruh peserta dari berbagai daerah di Indonesia. (ynt)