Walikota Persiapkan Mutasi Setelah MTQ Nasional

Mataram (Suara NTB) – Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh akan fokus mempersiapkan mutasi para pejabat lingkup Pemkot Mataram setelah selesai pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-26. Saat ini Walikota mengatakan dirinya masih fokus untuk mempersiapkan Kota Mataram sebagai tuan rumah kegiatan nasional tersebut.

“Kita konsentrasi saja dulu kepada beberapa kegiatan nasional ini. Besok ini mendesak puncak peringatan Hari Anak Nasional, kedua tentu MTQ. Kemungkinannya setelah MTQ (mutasi), jadi setelah selesai dulu. Jadi yang utama itu adalah mempersiapkan kota ini sebagai tempat penyelenggaraan beberapa event nasional,” terangnya.

Ahyar mengatakan tidak serta merta pihaknya bisa melakukan mutasi. Sebelum mutasi, ia harus membentuk panitia seleksi (Pansel) untuk menentukan pejabat yang memiliki kapasitas dan kapabilitas sesuai jabatan yang akan dipegangnya.

Setelah mempertimbangkan hasil pansel, baru kemudian ia bisa menjalankan hak prerogatifnya sebagai kepala daerah untuk memutasi para pejabat. Pansel ini juga harus mendapat rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Hal yang lebih mendesak dibandingkan mutasi pejabat ini disampaikan Walikota adalah seleksi calon Sekda. Pemkot Mataram telah menyiapkan anggota Pansel dan telah bersurat ke KASN untuk mendapatkan rekomendasi. “Kalau rekomendasi itu sudah keluar maka segeralah kita SK-kan Pansel dan Pansel segera bekerja dan itu butuh proses. Dan saya belum boleh melakukan mutasi sebelum masa jabatan enam bulan,” jelasnya.

Kendati demikian persoalan mutasi ini juga tetap menjadi perhatiannya. Hanya saja belakangan ini ia belum fokus untuk mempersiapkan nama-nama pejabat yang masuk daftar mutasi maupun rotasi. (ynt)