Taman Wisata Loang Baloq Siap Sambut Peserta MTQ

Mataram (suarantb.com) – Pemkot Mataram berencana untuk memperkenalkan sejumlah  tempat wisata yang ada di kota ini kepada para peserta Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-26 tingkat nasional yang dilaksanakan 28 Juli – 7 Agustus mendatang. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan kesan menarik kepada peserta MTQ yang datang dari berbagai penjuru nusantara sekaligus sebagai sarana promosi destinasi wisata Kota Mataram.

Salah satu destinasi wisata Kota Mataram yang akan  dikunjungi peserta MTQ adalah Taman Wisata Loang Baloq (TWLB). Pengelola TWLB, Suryadi mengatakan akan mempersiapkan TWLB seoptimal mungkin untuk kunjungan peserta MTQ.“Saat ini kita persiapkan acara Pak Walikota yang direncanakan berkunjung saat lebaran ketupat di sini.  Selesai itu kita akan persiapkan untuk MTQ,”  ujarnya di Mataram, Minggu, 10 Juli 2016.

Suryadi bersyukur dengan rencana kunjungan peserta MTQ ke TWLB. Menurutnya hal tersebut akan membawa dampak positif bagi pariwisata Mataram.“Saya sangat bersyukur sekali. Makanya sebelum lebaran kita telah bersih-bersihkan kawasan ini,” tuturnya.

Suryadi

Pengunjung TWLB yang tidak membawa kendaraan tidak dikenakan biaya masuk ke kawasan tersebut. Hal tersebut mengingat lokasi wisata tersebut adalah tempat umum. Pengelola hanya memungut retribusi parkir kendaraan. Dari retribusi parkir yang ditarik, sebesar 30 persen disetorkan ke kas daerah.

Suryadi menambahkan, pihak pengelola TWLB berencana akan menambahkan fasilitas  olahraga dan panggung seni di sana. Hal ini dimaksudkan  sebagai sarana hiburan dan kreativitas masyarakat.

Sementara itu, terkait jumlah pengunjung TWLB pada saat libur lebaran,Suryadi menyebutkan terjadipenurunan sekitar 30 persen. Penurunan jumlah kunjungan itu disebabkan ada beberapa lokasi wisata di Kota Mataram yang telah dibangun kembali. Kendati demikian,  Suryadi mengatakan TWLB tetap menjadi pilihan masyarakat. (szr)

Taman Wisata Loang Baloq
Taman Wisata Loang Baloq