Arus Balik Terminal Mandalika Mulai Dipadati Penumpang

Mataram (suarantb.com) – Terminal Mandalika mulai dipadati penumpang arus balik Lebaran, Sabtu, 9 Juli 2016 pagi. Pantauan suarantb.com, banyak bus terparkir di area terminal serta penumpang yang datang maupun berangkat.

 

Petugas Lapangan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Mataram, AM. Kosin menyampaikan keramaian arus balik baru terlihat pada Sabtu pagi. Sementara beberapa hari sebelumnya, pada Kamis dan Jumat, suasana terminal masih sepi.

 

Kosin menyebutkan tahun 2016 ini merupakan tahun arus mudik dan arus balik paling ramai jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. “Selama 11 tahun bekerja disini, sejak tahun 2005, menurut saya ini adalah tahun teramai,” ungkapnya saat ditemui di area parkir Terminal Mandalika.

 

Pada arus balik, kebanyakan bus yang datang ke terminal adalah bus yang berasal dari Sumbawa, Bima dan Dompu. Sementara bus

yang berangkat dari terminal lebih banyak bertujuan ke jalur barat, seperti Bali, Surabaya, Malang, dan Jogja. Hal ini menurutnya karena berakhirnya masa libur Lebaran dan akan dimulainya aktivitas perkuliahan dan pendaftaran mahasiswa baru di perguruan tinggi. Puncak arus balik disampaikan Kosin akan terjadi pada Minggu, 10 Juli 2016.

“Karena kan hari Senin sudah dimulai aktivitas di kampus-kampus dan perguruan tinggi, jadi hari ini (Sabtu, 9 Juli) dan besok (Minggu, 10 Juli) mestinya ramai,” jelasnya.

 

Sementara bus yang berangkat dari terminal menuju jalur timur sangat sedikit. Hanya ada dua bahkan satu unit bus yang berangkat menuju Sumbawa, Bima maupun Dompu. Jumlah penumpang dalam bus pun tak banyak. “Tetap ada (bus ke jalur timur), tapi hanya satu-dua saja, itu pun penumpangnya sedikit,” pungkasnya. (rdi)