Ramadhan, Dapat Membawa Manusia Menjadi Insan Bertakwa

Mataram (suarantb.com) – Ramadhan yang baru saja berlalu dapat menjadi sebuah media bagi manusia agar dapat meraih gelar insan bertakwa. Hal ini menjadi intisari khotbah yang disampaikan khatib salat Idul Fitri, H. Lalu Muchsin Effendi di Tugu Bumi Gora, Jalan Udayana, Rabu (6/7). Salat Idul Fitri di Tugu Bumi Gora dihadiri Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh, Wakil Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana, dan segenap pimpinan SKPD lingkup Pemkot Mataram.

Melalui khotbahnya, Muchsin menegaskan bahwa ibadah puasa yang telah dijalani umat Islam bisa menjadikan manusia sebagai insan bertakwa. Gelar takwa tersebut akan menjadikan manusia semakin dewasa dalam mengelola emosi, jiwa, pikiran dan tindakan.

Mengutip seorang ulama sufi besar, Imam Hasan Al-Bashri, ciri-ciri manusia bertakwa adalah orang yang teguh dalam keyakinan, bijaksana dalam keputusan, dan tekun dalam menuntut ilmu. Orang bertakwa jika ilmunya bertambah akan semakin rendah hati, jika berkuasa bertambah bijaksana, pandai bersyukur, serta merasa cukup dengan karunia Tuhan (qana’ah).

Selain itu insan bertakwa juga dicirikan sebagai manusia yang bersih, cermat, dan hidup sederhana walaupun kaya serta murah hati. “Tidak suka menghina, tidak suka mengejek, disiplin dalam tugasnya, tinggi dedikasinya, terpelihara identitasnya, tidak menuntut yang bukan haknya, tidak menahan hak orang lain, jika bersalah dia beristigfar, jika ditegur ia menyesal, jika dimaki dia tersenyum sambil berkata, ‘Jika makianmu itu benar, maka aku memohon semoga Allah mengampuniku, tetapi jika makianmu keliru, maka aku memohon semoga Allah mengampunimu’,” terangnya.

Pantauan suarantb.com, pelaksanaan Salat Id di Tugu Bumi Gora berjalan lancar. Salat yang diimami oleh H. Jam’ul Khair itu berjalan khusyuk. (ros)