Sudah Sejahtera, Ratusan KPM PKH Dicoret

0
1
Muhidin (Suara NTB/Uki)

Kota Bima (Suara NTB) – Sekitar ratusan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Bima telah dicoret tahun 2019. Saat ini tengah didata KPM baru sebagai penggantinya.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bima, Drs. H. Muhidin, MM, kepada Suara NTB akhir pekan kemarin. Kata dia, pencoretan kurang lebih 500 KPM itu karena dinilai telah sejahtera. “Karena sudah sejahtera sehingga dianggap tidak layak lagi menerima manfaat PKH,” katanya.

Dengan kondisi itu, ada perkembangan tingkat kesejahteraan sifnifikan yang terjadi sejak program ini diluncurkan. Bahkan ada sebagian KPM mengundurkan diri, yang sudah membaik tingkat perekomoniannya.

“Mereka (KPM) yang mundur ini juga ingin agar program PKH ini, didapat oleh keluarga lainnya. Yang betul-betul membutuhkan,” katanya.

Sementara untuk mengisi ratusan nama yang dicoret tersebut, Muhidin mengaku, saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan untuk penambahan penerima. Yang tercatat ada sebanyak 300 calon KPM. “Ada sekitar 300 calon KPM yang didata,” katanya.

Menurutnya, pemerintah daerah melalui Dinsos, hanya bertugas dan memiliki kewenangan melalukan pendataan. Kemudian datanya akan dikirim ke Kementrian untuk diverifikasi.

“KPM ini bukan kami yang tentukan, menerima atau tidak. Tapi pemerintah pusat melalui Kementrian Sosial. Kita di Daerah hanya mendata kemudian mengirimnya,” katanya.

Selain itu lanjutnya, para tenaga pendamping PKH yang tersebar di lima Kecamatan di Kota Bima, masih mengumpulkan data, berdasarkan dengan kriteria dan syarat yang ditetapkan. “Setelah terkumpul, nanti akan langsung dikirim ke pusat,” pungkas Muhidin. (uki)

  Peserta MTQ Nasional dari Kota Bima Dilepas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here