Pelamar CPNS di Kota Bima Capai 6.777 Orang

Sekretaris BKPSDM Kota Bima, Rusdhan (Suara NTB/Uki)

Kota Bima (Suara NTB) – Sejak pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2019 dibuka serentak secara nasional tanggal 11 November kemarin. Pada hari terakhir penutupan, jumlah pelamar CPNS di Kota Bima mencapai 6.777 orang.

“Hingga hari ini pelamar CPNS Tahun 2019 di Kota Bima sebanyak 6.770 orang,” kata Sekretaris Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bima, Rusdhan SE, kepada Suara NTB, Senin,  25 November 2019.

Menurutnya jumlah tersebut telah diprakirakan pihaknya sejak awal, karena beberapa hari hingga seminggu dibukanya pendaftaran CPNS, peminatnya sangat sepi. Namun memasuki minggu hari terakhir langsung meningkat drastis.

“Akhir pekan kemarin banyak pelamar yang mendaftar. Padahal sebelumnya sangat sepi. Sudah kita perkirakan memang,” katanya.

Ia mengaku pelamar CPNS di Kota Bima cukup tinggi, karena ada banyak pelamar yang berguguran. Sayangnya Rusdhan enggan menyebutkan jumlahnya secara pasti, namun gugurnya pelamar itu karena tidak teliti saat mendaftar.

“Bahkan ada satu pelamar yang tidak mencantumkan namanya karena kemungkinan buru-buru, sehingga yang bersangkutan langsung gugur,” katanya.

Rusdhan mengaku dari 175 formasi yang tersedia, yang banyak diminati pelamar adalah jabatan sebagai staf Penggerak Pemberdayaan Masyarakat di tingkat Kelurahan dan Kecamatan. “Selain itu, ada formasi PGSD (Guru) dan guru Matematika,” katanya.

Berdasarkan tahapan, lanjutnya, penutupan pendaftaran CPNS Tahun 2019 akan ditutup pada pukul 00.00 wita. Namun hal itu masih dikoordinasikan dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB. “Sifatnya hanya penyesuaian saja. Mungkin akan ditambah sehari sampai tanggal 26 November besok. Soal ini kita koordinasikan ke Pemprov NTB,” pungkasnya. (uki)