Bangun Perpusda, Kota Bima Ajukan Bantuan Rp10 Milar ke Perpusnas

Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi (kanan) bertemu Kepala Perpusnas RI, Muh. Syarif Bando, baru-baru ini. (Suara NTB/Ist)

Kota Bima (Suara NTB) – Pemerintah Kota Bima berencana membangun Perpustakaan Daerah (Perpusda). Bahkan proposalnya telah diajukan ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI sejak Bulan Januari 2019.

Kepala Arsip dan Perpustakaan Kota Bima, H. Mahfud M. Pd mengaku pihaknya kini sedang memperjuangkan anggaran pembangunan Perpusda dari Pemerintah Pusat agar bisa masuk ke Kota Bima.

Bahkan dirinya bersama Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi, SE, Kepala Bappeda Litbang Kota Bima, Ir H Fakhrunraji, MM, terbang ke Jakarta untuk bertemu dengan Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Drs. Muh. Syarif Bando MM, belum lama ini.

“Akhir pekan kemarin, Walikota bertemu dengan Kepala Perpusnas RI di Jakarta untuk membahas pembangunan Perpusda ini,” katanya.

Dalam pertemuan tersebut lanjutnya, Walikota Bima mengkomunikasikan soal rencana  pembangunan Perpusda di Kota Bima dengan menggunakan Dana Alokasi  Khusus (DAK pada tahun 2020 mendatang. “Ada sebesar Rp10 Milliar dana untuk pembangunan Perpusda yang kita perjuangkan,” katanya.

Dalam pertemuan itu, pihaknya juga telah menyerahkan master plan dan detail enginering detail (DED) pembangunan Perpusda. Pihak Perpusnas menyambut baik dan mengupayakan untuk membantu. “Kalau di ACC pembangunannya akan mulai dilakukan tahun 2020 mendatang,” ujarnya.

Namun sebelum disetujui, pihak Perpusnas akan melakukan verifikasi faktual. Jika tidak ada kendala, rencananya verifikasi akan dilakukan pada Bulan Agustus atau Sepetember mendatang. “Kita berharap rencana kita membangun Perpusda ini berjalan lancar tanpa ada kendala,” pungkansya. (uki)