Kota Bima Level II PPKM

Syarifuddin. (Suara NTB/Jun)

Bima (Suara NTB) – Dari 10 Kabupaten/Kota di NTB, Kota Bima termasuk daerah yang menempati level II Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Capaian tersebut berdasarkan hasil penilaian atas sejumlah indikator kemajuan dalam penanganan Corona Virus Disease (Covid-19).

Kepala Bidang P3P Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima, Syarifuddin kepada Suara NTB di kantornya, Rabu, 15 September 2021 menyampaikan, dalam Instruksi Mendagri (Imendagri) nomor 41 tahun 2021 tentang PPKM, Kota Bima diumumkan menempati level II PPKM. Artinya turun dari status level III yang disandang sebelumnya. “Kita sudah turun dari level III jadi level II PPKM sesuai indikator kemajuan penanganan Covid-19,” ungkapnya.

Iklan

Menurunnya level PPKM Kota Bima, lanjut dia, sesuai hasil penilaian atas sejumlah indikator kemajuan penanganan Covid-19. Antara lain, dari tingkat kasus aktif. Dalam sehari pada 41 kelurahan di lima kecamatan, terkadang nihil atau hanya berkisar 1-4 orang yang ditemukan terpapar Covid-19. Karena temuan tersebut mampu diimbangi angka kesembuhan yang baik, tak heran saat ini hanya tersisa 29 orang pasien Covid-19.

Selain itu, angka kematian akibat Covid-19 masih terbilang kecil, yakni sekitar 2,7 persen atau 54 orang dari total 1.883 kasus. Kemudian dari segi cakupan tracing dan testing, jika WHO menetapkan standar 1 per 1000 penduduk dalam seminggu, daerah ini sudah melampaui target. “Alhamdulillah, kita termasuk baik. Rapid Antigen positif kita berada di angka 2 dari keseluruhan yang diperiksa. Selanjutnya, tingkat hunian rumah sakit, kita ketahui sekarang paling satu orang kadang kosong,” jelasnya.

Kendati penurunan level ini menandakan tingkat penularan Covid-19 melandai di Kota Bima. Syarifuddin mengingatkan, dalam Imendagri yang dikeluarkan pemerintah pusat ditekankan agar daerah tetap melakukan pembatasan kegiatan masyarakat, tetapi dalam skup yang kecil.

Misalnya, dalam satu lingkungan terdapat 3 atau 7 orang pasien positif Covid-19, maka lingkungan tersebut ditetapkan level III PPKM, sehingga berbagai kegiatan masyarakat harus dibatasi. (jun)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional