Kota Bima Keluar dari Zona Merah

Bima (Suara NTB) – Kota Bima, NTB akhirnya keluar dari zona merah penularan Corona Virus Disease (Covid-19). Selain buah penyesuaian data manual dengan sistim aplikasi nasional, capaian ini berkat kesigapan TNI-Polri dan tim gugus tugas dalam menggenjot vaksinasi.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima, Ahmad, S. Sos., dikonfirmasi Suara NTB, Kamis, 17 Juni 2021 membenarkan bahwa wilayah ini telah keluar dari zona merah menjadi oranye. Dengan perubahan status tersebut, maka dipastikan tingkat resiko penularan virus corona kian melandai. “Alhamdulillah sekarang kita sudah kembali zona oranye,” terangnya.

Iklan

Kendati wilayah ini telah keluar dari zona berbahaya, namun masih terdapat pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Untuk itu, masyarakat diminta tetap menaruh kewaspadaan dengan mentaati protokol kesehatan, baik menggunakan masker, jaga jarak dan intens mencuci tangan.

Pun tidak kalah penting, lanjut Ahmad, yakni proaktif mengikuti program vaksinasi yang sekarang dikoordinir langsung jajaran TNI-Polri bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bima. “Kita masih ada pasien positif, makanya masyarakat diminta tetap mematuhi protokol kesehatan. Itu penting untuk penurunan kasus Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Bima Kota AKBP. Haryo Tejo Wicaksono, S. IK., menyambut baik perubahan zonasi wilayah ini. Meski demikian, ini tidak akan menyurutkan tekadnya bersama TNI untuk memastikan 80 persen warga tervaksin.

Polanya masih tetap sama, yakni mengerahkan seluruh kekuatan di tiap kelurahan untuk menjemput dan mengantar warga yang belum tervaksin.

Minimal satu babinsa dan babinkamtibmas masing-masing membawa 10 orang per hari ke sarana pelayanan kesehatan terdekat, sehingga dalam waktu yang tidak terlalu lama 80 persen dari total warga sudah tersentuh program pemerintah pusat tersebut. “Syukur kalau dalam waktu dekat bisa sampai 100 persen. Baik dari kalangan lansia, pelayan publik dan masyarakat umum,” pungkasnya. (jun)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional