Kota Bima Dapat 301 Formasi CPNS dan PPPK

M. Saleh Yasin. (Suara NTB/Jun)

Bima (Suara NTB) – Pemerintah Kota (Pemkot) Bima, telah menerima jatah formasi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Dari total 641 formasi yang diusulkan selama dua tahap di tahun 2021, Kementerian PANRB hanya mengakomodir 301 formasi. Cukup dominan yakni tenaga pendidik dan kependidikan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Kota Bima, Drs. M. Saleh Yasin kepada Suara NTB di kantornya, Senin, 17 Mei 2021 menyampaikan, dari 301 formasi tersebut 181 diantaranya merupakan formasi guru PPPK. Sementara Tenaga Kesehatan (Nakes) ada 58 orang, yang mana 1 orang PPPK dan 57 lainnya CPNS. “Lalu untuk tenaga teknis 16 orang CPNS 46 PPPK,” sebutnya.

Iklan

Kendati sudah mendapat kepastian alokasi formasi CPNS dan PPPK dari Kementerian PANRB. M. Saleh Yasin belum bisa merincikan terkait bidang keahlian khusus yang dialokasikan, termasuk persyaratan lengkap dalam seleksi pengangkatan aparatur sipil negara tahun ini. Informasi tersebut rencananya akan diumumkan secara detai pada Tanggal 30 Mei mendatang.

Pertumbuhan pegawai di daerah selama beberapa tahun terakhir ini nihil, sementara mereka yang memasuki usia purna tugas cukup banyak, tertuma untuk tenaga pendidik atau guru. Karenanya, jika melihat data usulan maka formasi yang diterima dari kementerian masih jauh dari kebutuhan. “Karena tidak penuh diberikan Kemenpan RB, jelas kurang. Tapi mungkin ada tahun depan lagi, tidak sekaligus tahun ini,” ujarnya.

Mengingat rekrutmen CPNS dan PPPK merupakan kewenangan pemerintah pusat, BKDPSDM tak bisa memastikan semua usulan terpenuhi. Terpenting saat ini ada pengangkatan ASN untuk menjawab kebutuhan dan tantangan di lapangan. “Terkait formasi teknis apa saja yang dibutuhkan, nanti saja. Kami hanya bisa menyampaikan secara umum,” tandasnya. (jun)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional