Kota Bima Berduka, Wawali Pertama dan Qori Terbaik Nasional 1984 Tutup Usia

H. Umar. (Suara NTB/Ist), TGH Ramli. (Suara NTB/Ist)

Kota Bima (Suara NTB) – Masyarakat dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bima berduka. Pasalnya seorang tokoh pendiri Kota Bima dan ulama karismatik yang pernah menjadi Qori terbaik nasional pada tahun 1984 tutup usia. Seorang pendiri Kota Bima yang juga merupakan Wakil Walikota (Wawali) pertama Kota Bima itu yakni H. Umar H. Abubakar. Sementara ulama, bernama TGH Ramli Ahmad.

Wawali Bima yang pernah mendampingi almarhum Walikota Bima, H. M. Noer Latief pada periode 2003-2008 tersebut menghembuskan nafas terakhirnya di kediaman pribadinya yang berada di Kelurahan Pane Kota Bima, Sabtu, 24 Juli 2021. Almarhum tutup pada usia 73 tahun, karena memiliki riwayat penyakit diabetes yang diidapnya cukup lama. Almarhum dikebumikan di TPU Kelurahan Pane, pada Minggu, 25 Juli 2021.

Iklan

Walikota Bima, H. Muhammad Lutfi SE mengaku, Kota Bima kehilangan seorang sosok panutan yang memiliki peranan penting pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kota Bima. “Sejak tahun 1999, almarhum H. Umar memperjuangkan DOB. Jasa-jasanya yang sudah membangun Kota Bima akan tetap dikenang sepanjang masa,” ujarnya.

Kemudian pada Minggu, 25 Juli 2021 sekira pukul 08.00 wita, salaseorang ulama karismatik Kota Bima,TGH Ramli Ahmad juga meninggal dunia. Pimpinan salahsatu Pondok Pesantren terkenal di Kota Bima ini tutup usia ke 67 tahun. Qori terbaik nasional tahun 90an ini menghembuskan nafas terakhir di RSUD Kota Bima pada Minggu, 25 Juli 2021.

Informasi yang diperoleh, TGH Ramli meninggal dunia diduga akibat terpapar Covid-19 dan sempat menjalani perawatan di RSUD Kota Bima. Hal tersebut juga diakui Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima, Drs. Azhari. (uki)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional