Kota Bima Belum Jadwalkan Vaksinasi Pelajar

Ahmad. (Suara NTB/Jun)

Bima (Suara NTB) – Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima, belum membuat jadwal khusus untuk kegiatan vaksinasi pelajar. Mereka masih fokus mengejar capaian target bagi nakes, pelayan publik dan masyarakat umum.

Sekretaris Dikes Kota Bima, Ahmad, S. Sos., kepada Suara NTB di kantornya, Kamis, 9 September 2021 menyampaikan, vaksinasi untuk kalangan pelajar satuan pendidikan dasar tingkat SD/SMP dan SMA sudah bisa dilakukan.

Iklan

Hanya saja, saat ini konsentrasinya lebih pada pemberian dosis III untuk nakes dan dosis II bagi pelayan publik serta masyarakat umum. “Jadwal khusus buat pelajar belum ada, walaupun sebetulnya sudah bisa kita lakukan,” jelasnya.

Disamping fokus menyasar para pihak tersebut, salah satu pertimbangan yakni sekolah baru memulai pembelajaran tatap muka secara terbatas, sehingga dirasa sulit untuk langsung membuat jadwal khusus pelaksanaan vaksinasi.

Prinsipnya, kata Ahmad, pelajar akan menjadi sasaran vaksinasi berikutnya agar upaya pembentukan sistim kekebalan tubuh kelompok di wilayah ini maksimal. “Mana yang datang ke sarana kesehatan tetap juga kami layani sekarang. Jadi mereka bisa bersamaan dengan masyarakat,” ujarnya.

Jika sebelumnya pencapaian target vaksinasi terkendala stok vaksin dari provinsi. Ia memastikan, saat ini stok vaksin Sinovac sudah tersedia dengan aman di gudang penyimpanan. Karenanya, tinggal mendorong partisipasi masyarakat, terutama mereka yang sudah mendapat dosis pertama.

Menyangkut capaian vaksinasi, dari total 116.000 sasaran di Kota Bima, untuk pemberian dosis I sudah 31,89 persen atau 35.958 orang. Sementara dosis II baru 13.793 orang atau 12,23 persen.

Sementara untuk pemberian dosis III bagi nakes, dari target 860 orang baru tervaksin 252 orang atau 22,54 persen. “116.000 sasaran itu meliputi semua, jadi tidak saja pelayan publik,” pungkasnya. (jun)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional