Kota Bima akan Dapat Bantuan Alkes dari Kemenkes

Azhari.(Suara NTB/Uki)

Kota Bima (Suara NTB) – Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Kesehatan (Dikes) bakal kebanjiran bantuan alat kesehatan (alkes) serta peningkatan sarana dan prasarana kesehatan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI pada tahun 2021 mendatang .

Hal itu dikatakan Kepala Dikes Kota Bima, H. Azhari, Senin, 24 Februari 2020. Kata dia hasil kunjungan ke Kemenkes tahun 2020 mendapatkan cukup hal luar biasa.  Seperti alkes untuk Laboratorium Kesehatan Daerah (Lapkesda) yang lebih lengkap dan pembangunan Puskesmas untuk Kelurahan Kolo dan Penanae dengan nilai masing-masing Rp12 miliar.

Iklan

“Anggaran untuk pembagunan dua Puskesmas ini lebih besar jika  dibandingkan dengan anggaran untuk pembangunan Puskesmas Paruga yang hanya senilai Rp9 miliar lebih,” katanya.

Bantuan pembangunan lainnya yang ditargetkan dilakukan tahun 2021 lanjutnya yaitu, peningkatan Puskesmas Rasanae Timur (Rastim) yang mana sisa bangunan lama akan dirobohkan kemudian dibuatkan taman seperti pada puskesmas lainnya. “Untuk peningkatan Puskesmas ini, kami sudah minta anggaran Rp2,5 miliar,” ujarnya.

Menurutnya seluruh pembangunan dan peningkatan pada sarana kesehatan ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat Kota Bima. Apalagi tambahnya, Kota Bima  semakin lama akan semakin berkembang, sehingga kebutuhan pelayanan kesehatan yang cepat dan berkualitas akan semakin dituntut masyarakat.

“Hal ini tentu menjadi tugas utama kita sebagai Pemerintah. Menyiapkan pelayanan terbaik, bermutu dan berkualitas,” ujarnya.

Sementara untuk tahun 2020 ini, lanjut Azhari, Dikes akan fokus menuntaskan isu stunting yang kini menjadi konsen Pemerintah Indonesia. Stunting kata Azhari, merupakan kerjasama semua pihak agar persoalan yang berkaitan dengan gizi ini tertangani jauh sebelum seorang anak dilahirkan.

“Makanya, tenaga kesehatan sangat penting memahami penanganan stunting ini yang harus ditangani jauh sebelum anak dilahirkan yakni sejak masih dalam kandungan,” pungkasnya. (uki)