Korsleting Listrik, Tiga Rumah di Monta Baru Ludes Terbakar

Anak-anak korban kebakaran di Monta Baru membersihkan puing-puing bangunan, Minggu, 17 Mei 2020.(Suara NTB/jun)

Dompu (Suara NTB) – Tiga rumah milik Nanu, M Yasin dan Ibrahim di Lingkungan 5 Kelurahan Monta Baru ludes terbakar, Sabtu, 16 Mei 2020 Pukul 7.00 Wita. Api diduga kuat bersumber dari korsleting arus linstrik. Beruntung tak ada korban jiwa atau luka-luka dalam insiden tersebut.

Salah seorang korban kebakaran, M Yasin kepada Suara NTB, Minggu, 17 Mei 2020 menuturkan, kobaran api diketahui warga setelah menjalar ke bagian atap rumah.

Iklan

Kondisinya yang sudah membesar membuat upaya spotan warga melakukan pemadaman dengan peralatan seadanya tak membuahkan hasil. Api terus menghanguskan atap dan isi rumah, bahkan sampai menjalar ke dua rumah lainnya.

“Setelah diketahui ada api dari rumah ibu Nanu warga berdatangan, cuma sulit dipadamkan karena api sudah telanjur membesar,” terangnya.

Ditengah suasana genting menghadapi amukan si jago merah tersebut, beberapa orang warga berusaha menghubungi petugas pemadam kebakaran. Tak lama kemudian Damkar dari Satuan Pol PP dibantu satu unit mobil water Cannon Mapolres terjun memadamkan api.

Kendati sempat kesulitan karena akses menuju rumah itu sempit, tim gabungan akhirnya berhasil memadamkan api sekitar Pukul 8.00 Wita. “Baru bisa padam total itu setelah datang bantuan dari petugas pemadam, makanya api tidak sampai meluas. Kalau terlambat sudah pasti hangus rumah-rumah yang ada ini,” jelasnya.

Meski tak ada barang-barang berharga yang bisa diselamatkan, beruntung insiden tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa atau luka-luka. Sebab pada saat kejadian awal rumah dalam keadaan konsong ditinggal pemiliknya berladang.

Sementara ini korban masih membersihkan puing-puing bangunan, pun menetap di rumah tetangga dan kerabat dekat sembari menunggu uluran tangan dari pemerintah daerah. “Ndak ada yang tersisa semua barang terbakar, termasuk kendaraan. Bantuan logistik sudah ada, cuma untuk tempat tinggal ini yang belum kami tahu, semoga pemerintah bisa membantu itu saja,” pungkasnya. (jun)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional