Korsel Minta Tambahan 40 Ton Kopi NTB

Lalu Thoriq menunjukkan kopi mentah yang bisa diekspor. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Korea Selatan menjadi salah satu negara tujuan ekspor kopi NTB paling menjanjikan. Buyer dari negeri ginseng itu terus meminta tambahan kiriman bahan baku. “Permintaan dari Korea Selatan nambah 40 ton. Total permintaan yang harus dipenuhi tahun ini sebanyak 140 ton,” kata Lalu Thoriq, pemilik usaha kopi UD. Berkah Alam.

Permintaan bahan baku sebesar ini diharapkan bisa terpenuhi. Menjawabnya adalah panen kopi pada bulan Juli 2021 ini. selain Korea Selatan, Thoriq mengatakan, ada permintaan dari Timur Tengah, yaitu dari Arab Saudi. Kopi yang diminta adalah kopi yang sudah dalam bentuk sachet. Jika selama ini ekspor kopi ke negara-negara lain masih dalam bentuk kopi biji yang sudah kering dan bersih. Buyer dari Arab Saudi meminta berbeda.

Iklan

Hanya saja, permintaan dari Arab Saudi ini masih negosiasi alot. Karena permintaan harganya yang masih belum ketemu. “Permintaannya adalah kopi olahan, drip sachet namanya. 1 sachet isi 20 gram. Dengan isi 5 sachet saya tawarkan 3,5 Dolar AS. Tapi dia masih bertahan di angka 2,5 Dolar AS. Kita belum sepakat. Kalau ada kesepakatan, kita langsung MoU,” demikian Thoriq. (bul)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional