Korem Latih Siaga Bencana Prajurit Kodim Dompu

Dompu (Suara NTB) – Korem 162/WB memberi pelatihan khusus parajurit Kodim 1614/Dompu terkait kesiapsiagaan ketika terjadinya bencana alam. Latihan posko 1 ini menitikberatkan soal mekanisme hubungan komandan dan staf dalam menghadapi becana alam di Dompu.

Kasi Ops Korem 162/WB, Komang Agus, MT., mengatakan dengan adanya pelatihan tersebut prajurit diharap mampu sigap bertindak membuat prodak dan analisa penanganan bencana yang efektif dan terarah. “Jadi bagaimana staf itu memasukkan saran, bagaimana komandan memutuskan langkah-langkah apa ketika terjadi sesuatu, khusus saat ini materinya bencana alam,” katanya kepada Suara NTB di Makodim Dompu, Senin, 15 Mei 2017.

Iklan

Idealnya jelas Komang Agus, ketika terjadi bencana alam Dandim meski mengkoordinir semua staf untuk segera berkoordinasi dengan intasi terkait sesuai wilayah kerja masing-masing. Seperti Sat Intel dapat berkoordinasi dengan Kesbangpoldagri, Sat Ops berkoordinasi dengan jajaran penguasaan wilayah di Pemda Dompu dan Sat Logistik berkoordinasi juga dengan pihak Pemda.Intinya lanjut dia, semua staf harus bersinergi untuk mengatasi permasalahan yang ada. “Itu komandannya harus mengkoordinir sehingga dari koordinasi diperoleh langkah yang cepat dan terbaik untuk mengatasinya,” jelas dia.

Kegiatan yang berlangsung tiga hari ini dipusatkan di Makodim Dompu dengan melibatkan 30 orang staf Korem 162/WB dan 35 orang staf Kodim 1614/Dompu. Selama kegiatan berlangsung seluruh staf diberi satu permasalahan untuk ditindaklanjuti, baik dengan mengolah menjadi prodak penanganan bencana alam.

Soal ancaman bencana di Dompu, Komang Agus menjelaskan rata-rata daerah di NTB terancam tiga bencana alam seperti longsor, banjir dan angin puting beliung. (jun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here