Kontak Langsung dengan PDP Meninggal, Delapan Warga Diisolasi

Rusunawa Belisung yang dijadikan fasilitas isolasi pencegahan dan penanganan Covid-19 oleh Pemda KSB. (Suara NTB/ist)

Taliwang (Suara NTB) – Sebanyak delapan warga yang diketahui melakukan kontak langsung dengan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 asal Taliwang yang meninggal, kini langsung menjalani proses isolasi. Gugus Tugas Penaganan Covid-19 Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menempatkan warga tersebut di Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di kelurahan Menala, kecamatan Taliwang.

“Iya sudah di sana mereka. Mereka kita isolasi sesuai protokol pencegahan virus corona,” kata juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19, H. Tuwuh dihubungi Suara NTB, Minggu, 5 April 2020.

Iklan

Berdasarkan penjelasan Bupati KSB, H. W. Musyafirin sebelumnya, delapan orang yang melakukan kontak langsung dengan PDP meninggal di RSMA Manambai pada, Minggu dini hari, telah menjalani pengecekan kesehatan menyeluruh di RSUD Asy Syifa.

Mereka sementara ini dinyatakan dalam kondisi stabil. Tetapi untuk upaya pencegahan, seluruhnya akan menjalani masa isolasi di Rusunawa Belisung yang telah ditetapkan Pemda KSB sebagai fasilitas isolasi pencegahan dan penanganan virus corona.

“Mereka akan ditempatkan di sana. Walau memang sementara ini PDP yang meninggal belum kita pastikan positif corona atau tidak karena masih harus menunggu hasil ujinya,” kata bupati.

Sebelumnya, media ini sudah sempat menyambangi Rusunawa Belisung yang dijadikan pusat isolasi oleh gugus tugas Covid-19 KSB. Berjarak sekitar 2 kilometer dari pusat kota Taliwang, posisi Rusunawa itu berada satu jalur dengan Perumnas Menala Praja. Perumahan yang disiapkan Pemda KSB bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Posisinya yang jauh dari pemukiman, membuat Rusunawa Belisung memang cocok untuk tempat isolasi. Bangunan yang terdiri dari 3 lantai ini memiliki kapasitas 40 unit hunian di dalamnya. Di mana di tiap unit hunian fasilitasnya cukup lengkap, mulai dari ruang tidur dapur dan kamar mandi hingga ranjang tidur. (bug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here