Kontak dengan Balita Positif Covid-19, Dokter dan Paramedis Tidak Diisolasi

Maman.(Suara NTB/Jun)

Dompu (Suara NTB) – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Dompu, sudah mengambil sampel swab 20 orang dokter dan paramedic di Puskesmas Kota. Pasalnya, mereka memiliki riwayat kontak langsung dengan pasien balita yang terkonfirmasi positif virus berbahaya tersebut. Namun demikian, puluhan orang ini tidak diarahkan untuk menjalani isolasi mandiri.

Plh. Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Dompu, Maman, Skm., MMKes kepada wartawan di kantornya, Selasa, 8 September 2020 menyampaikan, tenaga kesehatan yang meliputi dokter, bidan dan perawat itu diambil sampel swab-nya lantaran pernah menangani pasien balita inisial I yang kini terkonfirmasi positif Covid-19.

Iklan

Hasil tersebut diketahui setelah I dirujuk ke rumah sakit dengan gejala awal Pneumonia. “Setelah dirujuk ke rumah sakit, diambil swab-nya ternyata positif. Makanya mereka (dokter dan paramedis) diswab tadi malam di Sanggilo,” ungkapnya.

Balita berusia 1,5 tahun yang terkonfirmasi positif itu, diketahui pernah kontak erat dengan pasien positif lain sebelumnya, yakni Rukmini. Karenanya, I langsung diisolasi tim dokter rumah sakit untuk menjalani perawatan intensif.

Sementara puluhan dokter dan paramedis Puskesmas Kota, lanjut Maman, diambil swab-nya namun tidak diarahkan untuk isolasi mandiri. “Ndak diisolasi, tunggu hasilnya dulu,” ujarnya.

Keputusan membiarkan dokter dan paramedis berkeliaran bebas padahal jelas memiliki riwayat kontak langsung dengan pasien positif Covi-19, disadari berbahaya bagi penularan virus berbahaya ini. Bahkan potensial merepotkan tim gugus tugas untuk kontak tracing ketika ternyata diantaranya ada yang positif.

Tetapi atas dasar revisi kelima pedoman penanggulangan Covid-19, pihaknya tak bisa mengisolasi sebelum muncul gejala dari yang bersangkutan. “Iya memang ini merepotkan tim gugus tugas nanti, tapi revisi kelima sekarang ini ndak diisolasi dulu. Setelah diketahui ada gejala baru ini (diisolasi),” pungkasnya. (jun)