Konsumsi Ikan Meningkat di Tengah Pandemi

Seorang pedagang ikan di Pasar Dasan Agung tengah melayani pelanggan, Selasa, 1 Desember 2020. Sejak tiga tahun terakhir, tingkat konsumsi ikan di Kota Mataram tercatat meningkat. Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, konsumsi daging ikan yang mengandung banyak vitamin juga disebut dapat menjadi solusi untuk meningkatkan imunitas.(Suara NTB/bay)

Mataram (Suara NTB) – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Mataram mencatat tingkat konsumsi ikan di Kota Mataram terus meningkat selama tiga tahun terakhir. Mulai dari 31,56 kg/kapita/tahun pada 2017, berikut 34,0 kg/kapita/tahun pada 2018, dan 48,0 kg/kapita/tahun pada 2019.

 “Peningkatanya cukup signifikan. Kalau untuk tahun 2020 karena masih dalam proses penghitungan jadi belum selesai, tapi Insya Allah bisa mencapai 50-51 kg/kapita/tahun,” ujar Kepala DKP Kota Mataram, Baiq Sujihartini, Selasa, 1 Desember 2020.

Untuk memenuhi kebutuhan ikan masyarakat tersebut diakuinya masih membutuhkan pasokan dari luar kota. Pasalnya, tingkat produksi tangkap dari nelayan disebutnya baru mencapai 1.700 ton per tahun untuk ikan laut, kemudian 475 ton per tahun untuk ikan air tawar dari pembudidaya.

Kendati demikian, Sujihartini menyebut kapasitas produksi ikan di Kota Mataram juga mengalami peningkatan. Mengingat sampai dengan akhir 2019 lalu tingkat produksi untuk ikan air tawar saja terbatas mencapai 280 ton per tahun dan hanya bisa memenuhi sekitar 85 persen kebutuhan masyarakat.

Di sisi lain, untuk memaksimalkan tingkat konsumsi ikan di Kota Mataram pihaknya telah menyiapkan beberapa program. Antara lain kampanye pemeliharaan ikan skala rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan konsumsi per kapita.

“Kita juga berkunjung ke sekolah-sekolah untuk mengajak siswa-siswa mengonsumsi ikan,” jelas Sujihartini. Selain itu, varietas olahan ikan juga akan diperbanyak untuk memberikan pilihan yang lebih beragam bagi masyarakat dalam hal mengonsumsi ikan.

Di tengah pandemi virus corona (Covid-19) yang berlangsung saat ini, pihaknya juga mengajak masyarakat mengonsumsi ikan secara rutin setiap hari. Mengingat banyaknya kandungan vitamin dalam daging ikan yang diharapkan dapat meningkatkan imunitas dalam melawan virus.

“Kita mengajak masyarakat untuk mengupayakan di meja makannya tiada hari tanpa ikan. Karena ikan itu murah harganya dan mudah untuk dijangkau, cocok untuk semua umur, dan dapat meningkatkan imun. Apalagi di musim pandemi begini, kebutuhan vitamin a, b, c, d dan e itu bisa didapat dari konsumsi ikan,” tandas Sujihartini. (bay)