Konstruksi Jalan ke Kawasan Mandalika Dimulai Mei

Ir. H. Azhar, MM. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pemprov NTB melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) memastikan pelaksanaan pembangunan jalan by pass Lombok International Airport (LIA) menuju KEK Mandalika on schedule atau sesuai jadwal. Konstruksi pembangunan jalan by pass tersebut akan mulai dilaksanakan Mei mendatang.

Kepala Dinas PUPR NTB, Ir. H. Azhar, MM menjelaskan, saat ini lelang konstruksi pembangunan proyek prioritas nasional untuk mendukung MotoGP Mandalika 2021 mendatang sedang berjalan. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membagi proyek tersebut menjadi tiga. Dan pembangunannya ditargetkan tuntas pada April 2021.

Iklan

‘’Proyek by pass bandara – KEK Mandalika on schedule. Sekarang dalam proses tender. Kira-kira bulan Mei konstruksinya dimulai,” terang Azhar dikonfirmasi Suara NTB, Selasa, 10 Maret 2020.

Azhar mengatakan proyek pembangunan jalan by pass LIA-KEK Mandalika sepanjang 17 km tersebut sudah tak ada masalah. Karena persoalan lahan sudah tidak ada masalah lagi. Sekarang, tinggal menunggu proses lelang selesai, baru kemudian mulai dilakukan pembangunan fisik di lapangan.

“Tinggal jalan saja. Itu nanti dibagi tiga paket. Memang tender itu multiyears. Nanti selesainya mungkin April  2021,” katanya.

Apakah pembangunan jalan by pass LIA-KEK Mandalika mampu terkejar sebelum pelaksanaan MotoGP Mandalika sekitar Oktober 2021? Azhar mengatakan melihat jadwal yang ada akan mampu terkejar. Bahkan ditargetkan tuntas pada April 2021.

Ia menjelaskan pelaksanaan pembangunan jalan by pass tersebut akan banyak menggunakan alat-alat berat. Jika Mei mendatang konstruksi sudah dimulai, maka pada 2020 pengerjaannya sekitar 8 bulan. Kemudian pada 2021, penuntasan pekerjaan sekitar empat bulan. Sehingga, pembangunan proyek by pass LIA-KEK Mandalika sudah direncanakan dikerjakan selama setahun.

Apabila jalan by pass tersebut sudah selesai dikerjakan. Maka jarak tempuh dari bandara menuju Sirkuit Mandalika sekitar 15 menit. Begitu wisatawan turun dari bandara bisa langsung menuju Sirkuit Mandalika.

“Cuma sekarang ini main road (jalan utama) saja dikerjakan. Jalur lambatnya menyusul. Karena jalur lambat masih bisa dipakai jalur yang lama,” terangnya.

Ketiga paket proyek pembangunan jalan  by pass LIA – KEK Mandalika masih dalam proses lelang. Paket 1 dialokasikan anggaran dari APBN dengan pagu Rp238,569 miliar lebih, Paket 2 sebesar Rp394,815 miliar dan paket 3 sebesar Rp180,555 miliar lebih. Sedangkan untuk paket pengawasan teknik pembangunan jalan b pass LIA – KEK Mandalika dialokasikan anggaran dengan pagu Rp9,376 miliar lebih. (nas)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional