Konsentrator Oksigen untuk Pasien Covid-19 Didistribusikan

H. Zulkieflimansyah (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, menegaskan bahwa Presiden RI, Joko Widodo telah memerintahkan pengiriman konsentrator oksigen yang didistribusikan ke kabupaten/kota di NTB.

Hal itu disampaikan Gubernur NTB, melalui akun facebooknya, Kamis, 29 Juli 2021. “Alhamdulillah Pak Presiden juga sudah mengirimkan ke kita di NTB ini Oxygen Concentrator yang akan kami sebar ke semua Kabupaten/Kota,” ujar Gubernur yang akrab disapa Bang Zul ini.

Iklan

Menurutnya, dengan adanya konsentrator oksigen, maka masing-masing daerah di NTB bisa menghasilkan oksigen sendiri, meskipun kapasitasnya tidak terlalu besar.

Gubernur tak menampik bahwa sejumlah daerah di NTB memang mengalami kelangkaan oksigen. Terutama, daerah-daerah dengan tren kasus Covid-19 yang tinggi. “Kelangkaan oksigen untuk pasien Covid-19 memang terasa di semua kabupaten/kota di NTB. Dan ini juga dirasakan semua Kab Kota di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Gubernur bersyukur karena di NTB, penyedia oksigen telah menjamin oksigen bisa tersedia. Namun, Gubernur juga mengakui bahwa lonjakan kasus Covid-19 ternyata melampaui apa yang telah diperkirakan. “Hasil simulasi ya Covid maksimal kalau melonjak tak sampai melebihi 300 persen, kenyataannya sampai lebih 500 persen,” ujarnya.

Untuk itu, Gubernur mengimbau agar stok oksigen yang terbatas digunakan dengan bijak dan hemat. “Tak semua harus pakai oksigen kecuali yang sangat mendesak,” tandasnya. (aan)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional