Konjen Zhu Audiensi dengan Gubernur NTB dan NTT

Konjen RRT di Denpasar, Zhu Xinglong saat beraudiensi dengan Gubernur NTB, H.Zulkieflimansyah, Selasa (29/9). (Suara NTB/ist)

Konsul Jenderal (Konjen) Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di Denpasar, Zhu Xinglong beraudiensi dengan Gubernur NTB, Dr.H.Zulkieflimansyah dan Gubernur NTT,  Viktor Laiskodat secara terpisah melalui video call, Selasa, 29 September 2020.

Konjen Zhu berterima kasih kepada pemerintah dan masyarakat NTB dan NTT atas solidaritas dan dukungan mereka kepada Tiongkok pada masa awal terjadinya wabah virus Corona. Persahabatan kedua negara semakin erat dalam perjuangan bersama melawan pandemi.

Iklan

Konjen Zhu mengatakan, Tiongkok sudah berhasil mengendalikan pandemi dan bersedia untuk terus bekerja sama dengan Indonesia, mendukung Indonesia untuk mengatasi pandemi ini. Kata Zhu, tahun ini menandai peringatan 70 tahun terjalinnya hubungan diplomatik antara Tiongkok dan Indonesia. Konsulat Jenderal akan mendorong semakin banyak perusahaan dan wisatawan Tiongkok untuk  berinvestasi dan berkunjung ke NTB dan NTT.

Gubernur NTB, berterima kasih kepada Tiongkok atas bantuannya selama bencana gempa bumi dan pandemi yang melanda Provinsi NTB. Zulkieflimansyah dengan senang mengulas kembali kunjungannya ke China dan  begitu terkesannya pada pencapaian sosial ekonomi Tiongkok. Mayoritas penduduk NTB adalah muslim, gubernur juga berharap untuk meningkatkan komunikasi dan pertukaran dengan Tiongkok di bidang agama.

Gubernur Viktor Laiskodat pada kesempatan yang sama menyampaikan terima kasih kepada Tiongkok atas bantuan peralatan medis dan sembako selama masa pandemi. Viktor mengatakan, NTT mempunyai sumber daya pariwisata dan potensi investasi yang besar. Ke depan NTT berharap untuk memperdalam kerjasama di bidang investasi, perdagangan dan pariwisata dengan Tiongkok.

Gubernur NTB dan Gubernur NTT menyambut baik Zhu menduduki posisi barunya sebagai Konsul Jenderal RRT di Denpasar. Atas nama pemerintah dan masyarakat NTB dan NTT, gubernur mengucapkan selamat HUT ke-71 untuk berdirinya Republik Rakyat Tiongkok. (r)