Kondisi Jalan Sumbawa – Lunyuk Memprihatinkan

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Kondisi Ruas Jalan Sumbawa Lunyuk Pal 4 Km 28 sampai Km 50 dari tanjakan Semamung Kecamatan Moyo Hulu hingga Lamurung Kecamatan Lenangguar sangat memprihatinkan. Kondisi jalan berlubang, dan tidak sesuai dengan yang diharapkan masyarakat setempat. Untuk itu masyarakat mengharapkan perbaikan jalan segera dilakukan.

Sekcam Lenangguar, Syahruddin S.Sos belum lama ini mengaku kondisi jalan Sumbawa Lunyuk Km 28-50 sangat memprihatinkan. Kondisi jalan rusak di wilayah setempat diakuinya sudah berlangsung hampir setahun. Parahnya, karena kondisi jalan sudah beberapa kali terjadinya kecelakaan. Belum lama ini dua kali truk terbalik di lokasi Ledang.

Iklan

Pihaknya sangat berharap kepada pemerintah provinsi melalui Balai Jalan segera memperbaiki jalan tersebut. “Kondisi jalan sangat memprihatinkan. Kamisangat berharap penjelasan dari Balai Jalan yang mewakili pemprov kapan akan diperbaiki. Harapan kami jalan tersebut dapat dipegang untuk tahun ini,” harapnya.

Sementara Kepala Balai Jalan Pulau Sumbawa, Jamaluddin Maladi, M.T menyebutkan untuk ruas Lenangguar-Lunyuk sudah dianggarkan dari tahun 2017 sampai tahun 2018 ini. Dimana untuk jalan setempat pengerjaannya sudah 60 persen yakni pengerjaan dasar seperti kepras tebing, draenase, urugan dan lainnya. Tersisa 40 persen untuk pengerjaan hotmix yang akan dimulai bulan depan hingga akhir Juni mendatang.

“Yang dimaksud pak Sekcam untuk jalan Lenangguar Lunyuk. Sudah dianggarkan pengerjaan. Ada sekitar 4 titik yang akan dikerjakan menggunakan hotmix sepanjang 10 kilometer. Yang sekarang sudah dikerjakan itu kepras tebing, LPA, pembersihan draenase dn lainnya. Untuk hotmix bulan depan sampai akhir Juni,” ujarnya.

Sedangkan untuk Pal 4 dari Simpang Boak sampai Lenangguar sepanjang 40an kilometer diakuinya untuk tahun ini tidak ada pemeliharaan dan perbaikan. Meskipun demikian Pemprov NTB melalui Dinas PUPR akan berupaya menganggarkannya. Dari hasil rapat yang dilakukan di Provinsi, akan diprioritaskan pengerjaan Pal 4 melalui anggaran APBD Perubahan.

“Dari hasil rapat pimpinan kami di Provinsi bahwa akan diprioritaskan segera untuk mengerjakan Pal 4 melalui APBD Perubahan. Dan kami sudah diperintahkan untuk melakukan survey. Makanya mohon kesabaran masyarakat dan tetap berhati-hati dalam berkendara,” tandasnya. (ind)