Kompetisi IoT Creation Kemenkominfo 2021, Tim TTG Lobar dan SMKN 2 Kuripan Juara 1

Pengumuman pemenang kompetisi IoT Creation 2021. Dalam kompetisi ini,   tim TTG Lobar dan SMKN 2 Kuripan menjadi juara 1. (Suara NTB/ist)

Giri Menang (Suara NTB) – Beberapa waktu lalu Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar kompetisi IoT (Internet of Things) Creation 2021 bertajuk Solution Hunt for Economic Recovery. Pada 30 September 2021 lalu, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengumumkan pemenang kompetisi IoT Creation 2021: Solution Hunt for Economic Recovery dengan hadiah utama Sertifikasi Perangkat SDPPI dan uang tunai.

Solusi IoT Smart Coffee Roastery karya TTG Team dari Lombok Barat (Lobar) berhasil meraih juara 1 dalam kompetisi IoT Creation 2021.”Keberhasilan ini adalah hasil kolaborasi dengan tim TTG  IKM Kopi Lobar dan ahli IoT SMKN 2 Kuripan,” ungkap Idham, Tim Ahli IoT SMKN 2 Kuripan.

Iklan

Guru SMKN 2 Kuripan yang konsen mengajar jurusan Produk Kreatif Kewirausahaan (PKK) ini mengatakan tim TTG  menciptakan perangkat pintar dengan kemampuan monitoring control sekaligus sumber tegangan untuk semua peralatan yang menggunakan sumber daya listrik AC. Perangkat ini juga punya fungsi sebagai mesin roasting kopi pintar robotic system automatic. “Saya membuat modul  pembelajaran dan memasukkan ke pembelajaran PKK praktik siswa dan materi inovasi sekolah,” katanya.

Setelah meraih  juara dua kali berturut-turut pada kompetisi IoT Creation, ia berharap bisa mengikuti lomba tingkat Internasional.

Kepala SMKN 2 Kuripan Rias Sandi Miswardank, S.E., memberikan apresiasi atas keberhasilan tim TTG sekolah ini yang berkolaborasi dengan Tim TTG IKM Kopi Lobar. Ia mendukung penuh program ini dimasukkan dalam pembelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan (PKK) praktik dan materi inovasi sekolah.

“Ide dan gagasan seperti ini yang diharapkan dalam pendidikan. Inovasi dan praktik baik. Saya mendukung tim TTG bisa berkompetisi di ajang Internasional,”katanya. (her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional