Komisi III Ingatkan Pemerintah Evaluasi Kinerja BUMD

Taliwang (Suara NTB) – Komisi III DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mengingatkan kembali janji pemerintah untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja seluruh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Ketua Komisi III DPRD KSB Dinata Putrawan, ST mengatakan, memasuki awal tahun seluruh elemen pemerintah patut turut dievaluasi. Tidak sekadar Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) tetapi juga elemen lainnya yang bertugas menjalankan tugas kerja pemerintah. “BUMD kan bagian dari pemerintah. Jadi perlu juga dievaluasi,” cetusnya kepada media ini.

Iklan

Menurut dia, sebelumnya bupati telah menjanjikan akan melakukan evaluasi terhadap seluruh BUMD yang ada. Evaluasi ini bertujuan untuk menilik kembali efektivitas kinerja kelembagaannya dalam rangka pencapaian target yang ditetapkan tiap BUMD. “Pada dasarnya seluruhnya harus dievaluasi, kinerja, target dan akuntabilitas manajemen BUMD karena di sana ada penyertaan modal pemerintah,” bebernya.

Selama ini ada dua BUMD yang dimiliki Pemda KSB. Pertama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dan kedua Perusahaan Daerah (Perusda). Dinata menyebutkan, kedua perusahaan plat merah itu harus terus diarahkan agar dapat mencapai tujuannya. Tidak hanya soal tujuan untuk mengejar target pendapat asli daerah (PAD) yang dibebankan kepadanya tetapi juga pada pertanggung jawabannya atas anggaran penyertaan modal yang telah dipercayakan pemerintah.

Diakui politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini, kedua BUMD tersebut belum secara signifikan menyumbangkan PAD kepada kas daerah. Karena itu pemerintah harus melakukan pengawasan terhadap kinerjanya, sebab jangan sampai terlena dan kehilangan target yang telah disematkan pemerintah. “Makanya sangat perlu evaluasi. Kalau bisa dibuat berkala sehingga kondisi kekinian tiap BUMD dapat dimonitor pemerintah,” timpalnya. (bug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here