Kominfo Bangun Tiga BTS dan 78 Akses Internet Untuk Kemudahan UMKM dan Pariwisata Mandalika

Ilustrasi Pemasangan Internet. (SuaraNTB/ist)

Praya (Suara NTB) – Menteri Kominfo Johnny G Plate menegaskan telah membangun tiga BTS (base transmission station) tambahan untuk memperkuat keberadaan kawasan pariwisata strategis nasional, KEK Mandalika di Kuta, Lombok Tengah. Selain itu, ada 78 titik akses internet gratis yang langsung ke satelit, di samping menggerakkan operator seluler untuk memperkuat jaringannya.

Infrastruktur pendukung ini menurut Menkominfo erat kaitannya dengan akses internet lebih mudah, transaksi digital yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM, serta promosi pariwisata Lombok, NTB secara digital ke seluruh pelosok penjuru dunia. Menkominfo mempertegas dukungan terhadap NTB dan KEK Mandalika sebagai tuan rumah penyelenggaraan MotoGP 2021 pada kegiatan pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) Seri 1 2021 Rabu, 3 Maret 2021 secara virtual.

Iklan

Infrastruktur telekomunikasi yang disampaikan Menkominfo ini diharapkan akan menggerakkan UMKM dan para pelaku pariwisata untuk memanfaatkan ruang digital dengan baik. “Kami juga mendukung SDM NTB melalui pendidikan vokasi dan training pariwisata yang berkaitan dengan pemanfaatan ruang digital ini,” imbuhnya. Lalu di hilir, Menkominfo menyampaikan juga sangat mendukung gerakan non tunai yang digalakkan oleh Bank Indonesia melalui QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Sebuah sistem pembayaran digital yang tengah berkembang.

“Kita juga mendukung penuh Gubernur Bank Indonesia dengan program QRISnya. Infrastruktur digital ini diharapkan akan mendorong finansial teknologi untuk mendukung UMKM NTB dan produksi-produksi tekno parknya NTB,” demikian Menkominfo. Tak beda dengan yang disampaikan Menteri Parekraf, Sandiaga S Uno dalam komunikasi langsung secara daring. Ia menyatakan sangat mendukung KEK Mandalika dan eksotisme Lombok, NTB.  sembari menunjukkan pesona wisata KEK Mandalika yang menjadi latar tempatnya berbicara.

“Mandalika selalu di hati saya,” ujarnya. KEK Mandalika menurutnya tidak hanya dilihat dari satu sisi, sebagai destinasi wisata super prioritas. Tapi disisi lain bagaimana pemerintah bisa membangkitkan produk-produk kreatif dari Lombok, NTB bisa mendunia. Karena menurutnya, kuncinya adalah on boarding digitalisasi. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Bank Indonesia, terus menerus mengkampanyekan QRIS dan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI)  dan Bangga Berwisata di Indonesia (BWI). “Maju terus, NTB Lombok,” demikian Menparekraf. (bul)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional