Kominfo Akui Jaringan Lotim.net Kurang Maksimal

Ahmad Masfu (Suara NTB/dok)

Selong (Suara NTB) – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Lotim, Ahmad Masfu mengakui dengan kapasitias jaringan atau bandwidth yang tersedia saat ini, jaringan internet Lotim.net masih lemot. Meski tidak semua mengalami masalah, namun Kominfo bersama rekanan ini akan menambah bandwidth. Penambahan ke depan sesuai kebutuhan. Harapannya, 254 desa dan kelurahan serta dusun yang sudah terpasang akses point bisa lebih kencang.

“Memang di beberapa titik yang medannya ekstrem itu dia agak lemot,” ungkap Masfu menjawab Suara NTB, kemarin. Kadiskominfo dan Persandian Lotim ini menyebut masih adanya jaringan yang kurang maksimal karena memang sedang dalam masa ujicoba. Pemerintah Lotim katanya tidak akan meneken kerjasama untuk launching voucher. April ini sambungnya pasca ujiicoba dilakukan pemeliharaan. “April ini selesai masa pemeliharaannya,” terangnya.

Iklan

Sebelum selesai masa pemeliharaan, Lotim.net ini coba ditambah dulu kapasitas jarinagn tersebut sehingga bisa lebih baik. Tidak saja ke desa-desa, Kominfo rencana akan memasang semua jaringan internet ke semua tempat-tempat strategis di Lotim. Termasuk ke obyek-obyek wisata se Kabupaten Lotim.

Sebelumnya sudah terpasang di tempat-tempat keramaian di Kota Selong. Antara lain di Taman Rinjani Selong. Akan tetapi sampai saat ini masih menggunakan jaringan telkom. Rencana semua akan dialihkan ke Lotim.net. Hal ini dimaksudkan agar bisa lebih seragam. “Besok kalau sudah jalan, maka akan beralih ke Lotim net agar bisa lebih seragam,” paparnya.

Semua tempat di Lotim diyakini sebenarnya sudah tidak ada yang blankspot. Menurutnya, yang ada adalah sinyal yang buruk. “Bukan blankspot, tapi bad signal, ini berbeda,” kilahnya. Daerah-daerah yang daya tangkap signal lemah ini dikarenakan jaringan belum bisa terbaca.

Diakui, NTB ada tambahan BTS sudah diusulkan ke Kementerian Kominfo. Tahun 2021, sudah didapat 36 BTS untuk NTB. Namun Gubernur NTB memiliki kebijakan lain semuanya dibawa ke Sumbawa. (rus)

Advertisementfiling laporan pajak ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional