Kodim Dompu Ingatkan Siswa Tak Terjerumus Penyalahgunaan Tramadol

Dompu (Suara NTB) – Komando Distrik Militer (Kodim) 1614 Dompu tak henti-hentinya mengingatkan masyarakat terkait bahanya penyalahgunaan tramadol dan sejenisnya. Kali ini menyasar siswa SMAN 2 Kilo Kecamatan Kilo.

Wawasan Kebangsaan yang disampaikan Danramil Kilo, Kapten Inf. M Yamin tersebut didasari tingkat penyalahgunaan tramadol yang terus meningkat, terutama oleh kalangan muda khususnya disatuan pendidikan.

Iklan

“Kegiatan itu untuk merespon kebiasaan anak muda yang mengkonsumsi tramadol,” kata Danramil Kilo Kapten Inf. M. Yamin melalui Danunit Inteldim Lettu Kav M. Kasim saat dihubungi, Senin, 11 September 2017.

Kasim menjelaskan, penyampaian materi yang diikuti sekitar 240 orang siswa itu berjalan efektif, siswa sangat meresapi pesan yang disampaikan pemateri, juga aktif bertanya seputar bahaya penyalahgunaan tramadol.

Pada dasarnya, kata M Kasim, tramadol bukanlah obat yang harus dikonsumsi oleh mereka yang sehat, tetapi sebagai penghilang rasa nyeri bagi mereka yang sudah melakukan operasi. “Itupun harus melalui resep dokter, tidak bisa sembarangan,” ujarnya.

Untuk itu ia meminta semua pihak, khususnya kalangan muda agar tidak berupaya mengkonsumsi apalagi mengedarkan barang berbahaya ini, sebab akan berakibat fatal bagi kesehatan. Seperti gangguan saraf, daya ingat berkurang, sisitim kekebalan tubuh menurun hingga gangguan jiwa.

Selain itu Kodim 1614/Dompu juga berpesan, siswa jangan sampai terlibat tindakan melawan hukum, seperti perkelahian, pencurian, penipuan dan sebagainya. “Karena tindakan-tindakan itu akan merugikan jiwa siswa sendiri, kalau mau masuk TNI maupun Polri ikuti aturan, jaga fisik, mental serta siapkan diri kalian untuk menjadi prajurit,” jelasnya.

Pada kesempatan itu Kapolsek Pekat, Iptu M. Jailani juga menyampaikan hal yang sama, terlebih menekankan masa depan bangsa kedepan sangat tergantung pada generasi muda saat ini. (jun)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional