Kodim Dompu Amankan Kayu Diduga Hasil Penebangan Liar

Dompu (Suara NTB) – Komando Distrik Militer (Kodim) 1614/Dompu berhasil mengamankan kayu yang diduga hasil penebangan liar di kawasan hutan Teka Ndahu Kecamatan Huu. Setidaknya ada 75 batang kayu gelondongan dan balok jenis snokling diamankan dalam kegiatan operasinya, Selasa, 25 April 2017.

Dandim Letkol CZI Arif Hadiyanto, S.IP melalui Dan Unit Intel Kodim 1614/Dompu, Lettu Kav M. Kasim, Asd mengatakan operasi tersebut merupakan kegiatan rutin untuk menyikapi maraknya aktivitas penebangan liar di wilayah hutan tutupan negara itu.

Iklan

“Sonokeling ini sudah tidak boleh lagi ditebang liar karena sudah ada aturannya, sama halnya seperti hewan langka sehingga harus kita lindungi,” katanya kepada Suara NTB di sela pengangkutan barang bukti di Desa Adu Kecamatan Huu.

Operasi yang dilakukan jajaran Kodim tersebut menyasar kawasan hutan Teka Ndahu, yang mana informasinya marak penebangan liar oleh oknum masyarakat setempat. Dan terindikasi oknum aparatur desa pun ikut bermain dalam kasus ini.

Hanya saja saat operasi digelar minim ditemukan para terduga pelaku yang sudah dikantongi indentitasnya itu. Melainkan menemukan barang bukti kayu, di antaranya 25 batang kayu gelondongan dan 50 batang kayu yang sudah berbentuk balok. “Jadi totalnya ada 75 batang kayu yang kita amankan dalam operasi ini, diperkirakan sekitar 4 kubik,” ujarnya.

Selanjutnya kayu temuan itu diamankan di Makodim dan akan dijadikan bahan pengembangan kasus untuk menangkap para pelaku yang masih berkeliaran bebas. Targetnya oknum-oknum yang menjadi motor penggerak masyarakat tersebut akan diseret pihaknya dalam waktu dekat.

“Identitasnya sudah kita kantongi, dalam waktu dekat pasti akan kita tangkap orang-orang ini. Soal barang bukti nanti komadan kita akan koodinasikan dengan Kapolres Dompu,” jelasnya. (jun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here