Kodim 1615 Lotim Amankan Truk Pengangkut Kayu Tanpa Dokumen

Truk  pengangkut kayu Sonokeling saat diduga tanpa dokumen saat dihentikan di Jalan Raya Aikmel, Senin 26 Juli 2021.(Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB)  – Kodim 1615 Lombok Timur (Lotim) berhasil mengamankan truk pengangkut kayu jenis sonokeling usai menyeberang dari Pelabuhan Pototano ke Pelabuhan Kayangan. Diamankannya truk tersebut dikarenakan diduga tanpa dokumen di Jalan Raya Aikmel, Senin 26 Juli 2021 sekitar pukul 16.00 Wita.

Kayu tersebut angkut bersamaan dengan gas elpiji menggunakan truk besar dari Bima dengan Nopol 8918 L. Pengamanan dilakukan oleh Kodim 1615 Lotim bersama KPH Rinjani Timur. Barang bukti langsung diamankan di Kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi NTB.

Iklan

Dikonfirmasi Suara NTB, Selasa, 27 Juli 2021, Dandim 1615 Lotim, Letkol. Inf, Agus Prihanto Donny, S.Sos, mengatakan diamankannya truk  pengangkut kayu jenis sonokeling tersebut dikarenakan tidak memiliki dokumen. Sementara tujuan dari kayu tersebut yaitu dari Pulau Sumbawa dengan tujuan Pulau Bali.

”Truk pengangkut kayu tanpa dokumen itu kita amankan di Jalan Raya Aikmel. Pengamanan kita lakukan berdasarkan laporan masyarakat terkait adanya truk Fuso yang membawa kayu tanpa dokumen,”terang Dandim.

Atas laporan tersebut, Kodim 1615 Lotim berkoordinasi dengan pihak KPH Rinjani Timur untuk melakukan pencegatan dan penggeledahan terhadap truk  tersebut. Petugas berhasil menemukan kayu sonokeling di antara gas tabung elpiji. “Kayu ini posisinya di bawah tumpukan gas. Seolah-olah tidak terlihat,” tambah Dandim.

Dijelaskan Dandim, pemilik kayu melanggar Instruksi Gubernur NTB tentang moratorium penebangan dan peredaran hasil hutan kayu di wilayah NTB tahun 2020 dengan Nomor 188.4.5-75 Kum tahun 2020. (yon)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional