Koalisi Gerindra Belum Rampung di Empat Daerah

H. Ridwan Hidayat (Suara NTB/ndi)

Mataram (Suara NTB) – DPD Partai Gerindra diketahui telah menetapkan dukungannya di tujuh daerah di NTB yang akan melaksanakan Pilkada serentak 2020. Gerindra sudah memberikan surat tugas kepada tujuh pasangan bakal calon yang diusung untuk bergerak merampungkan partai koalisi. Mengingat Gerindra tak bisa mengusung sendiri.

Namun, dari tujuh paslon yang diputuskan didukung Gerindra baru tiga daerah yang sudah melaksanakan surat tugas yang diberikan dengan baik. Sementara empat daerah diketahui sampai saat ini belum bisa merampungkan partai politik yang akan jadi mitra koalisi Gerindra.

Iklan

“Yang sudah ada (lengkap) koalisi partainya ada di Kota Mataram sudah, kemudian KLU juga sudah, dan KSB sudah. Daerah yang lain masih dinamis,” ungkap Ketua DPD Partai Gerindra NTB, H. Ridwan Hidayat yang dikonfirmasi Suara NTB, Jumat, 6 Maret 2020.

Empat daerah tempat Partai Gerindra belum punya mitra koalisi yakni Kabupaten Lombok Tengah, Sumbawa, Bima dan Dompu. Diakui Ridwan sampai saat ini pihaknya belum menerima laporan terkait partai yang akan jadi mitra koalisi Gerindra dalam menghadapi Pilkada serentak 2020 di empat daerah tersebut.

“Sumbawa masih berposes terus, Dompu dan Bima belum fix, dan Loteng juga masih belum. Untuk Mataram dan KLU dari laporan akan bertambah terus koalisinya, kalau KSB kan sudah final di sana,” kata Ridwan.

Meskipun koalisi Gerindra belum rampung, bukan berarti Gerindra tidak akan punya mitra koalisi. Pihaknya masih menghargai bahwa memang di masing-masing partai politik yang akan jadi mitra koalisi sedang dalam proses.

“Artinya di masing-masing daerah yang kita katakan belum fix ini bukan berarti dari nol, tapi masih berproses membangun koalisi. Karena sudah kita berikan surat tugas, tugasnya apa, ya harus komunkasi dengan partai lain untuk cukupkan syarat bisa mendaftarkan calon ke KPU,” tegasnya.

Disampaikan oleh Ketua Komisi II DPRD NTB itu, bahwa pihaknya sudah mengirimkan usulan pasangan calon yang didukung ke DPP dan saat ini tengah digodok. Dia menyampaikan paling lambat akhir Bulan Maret atau April ini, Keputusan rekomendasi DPP Gerindra sudah keluar.

“Sekarang masih menunggu proses final di DPP, artinya kita sudah jalani proses ini sesuai dengan regulasi dan mekanisme partai. SK DPP nanti akan ke luar serentak, Insya Allah, harapan kita Maret  atau April ini selesai, tuntas semua,” pungkasnya.

Diketahui kandidat pasangan bakal calon dukungan Gerindra di masing-masing daerah yakni untuk Pilkada Kota Mataram Gerindra merekomendasikan pasangan Makmur Said- Badruttamam Ahda, kemudian Lombok Utara pasangan Djohan Syamsu-Danni C. Pebrianto. Kabupaten Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri- Ferdian Elmansyah.

Sementara di Kabupaten Bima dukungan Gerindra mengarah kepada pasangan Indah Dhamayanti Putri – Dahlan. Kabupaten Dompu pasangan Abdul Kader Zaelani – Nurlaela Chaerunisa, Kabupaten Sumbawa mengarah kepada pasangan Jarot-Mokhlis, dan untuk KSB mengarah kepada pasangan Musyafirin-Fud Syaifudin. (ndi)