KMP Permata Lestari Kandas di Gili Kondo

Proses evakuasi oleh tim SAR. (Suara NTB/ist)

Selong (Suara NTB) -Kapal Motor Penumpang (KMP) Permata Lestari II milik PT Atosim Lampung Pelayaran (ALP) yang berlayar dari Pelabuhan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat menuju Pelabuhan Kayangan Kabupaten Lombok Timur (Lotim) kandas di Gili Kondo sekitar pukul 23.00 Wita, Senin, 4 Oktober 2021.

General Manajer PT ASDP Kayangan, Luthfi Pratama saat dikonfirmasi Suara NTB menyebutkan 48 penumpang berhasil dievakuasi. Sepeda motor 7 unit, kendaraan kecil 6 unit, truk sedang 2 unit dan truk besar atau tronton satu unit. Tim tanggap darurat dari Basarnas, Pol Airut, TNI AL, Perikanan, Perhubungan Laut dan pihak lainnya. Mengenai penyebab kandasnya kapal belum berani dijelaskan Luthfi. “Kalau soal itu nanti dijelaskan oleh syahbandar karena sekarang sedang dilakukan pemeriksaan,” ungkapnya.

Iklan

Kapal kandas di perairan Selat Alas, tepatnya di sekitar Gili Kondo ini sudah beberapa kali terjadi. Hitungan GM ASDP Kayangan ini, sudah kali ketiga KMP dari Poto Tano KSB ini mengalami hal serupa. “Kalau dibilang sering sih tidak, kalau tidak salah sudah tiga,” paparnya.

Kawasan tempat kandasnya kapal disebut ada dangkalan. Namun penyebab pasti kapal tidak bisa bergerak, sedang dilakukan pemeriksaan masif lebih lanjut dari Syahbandar.

KMP Permata Lestari diketahui berangkat dari Pelabuhan Poto Tano Sumbawa Barat menuju Pelabuhan Kayangan. Setelah menerima laporan, Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Mataram menerjunkan personel Pos SAR Kayangan untuk melakukan evakuasi menggunakan Rigit Inflatable Boat (RIB).

Penjelasan Kepala Kantor SAR Mataram, Nanang Sigit menuturkan sejak kemarin malam pihaknnya menerjunkan personel untuk melaksanakan evakuasi bersama TNI, Polri, dan unsur lainnya. Proses evakuasi dilakukan dengan cara memindahkan korban ke kapal penumpang lainnya yang berada di sekitar lokasi kejadian. Pukul 09.58 Wita seluruh korban berhasil dievakuasi ke Pelabuhan Kayangan dalam keadaan selamat dan sudah pulang ke rumah masing-masing. (rus)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional