Klinik Hamzar Rutin Laksanakan Khitan Gratis

Direktur Klinik Hamzar, dr. Afra Humaira (kedua dari kiri) berfoto bersama dengan anak yang mengikuti khitan ceria peduli umat dan keluarganya.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) — Klinik Hamzar yang beralamat di Jalan Jurusan Lab. Lombok, Mamben Daya, Wanasaba, Lombok Timur rutin melaksanakan khitan atau sunat gratis kepada anak yatim dan kurang mampu. Khitan gratis yang berlabel Khitan Ceria Peduli Umat (KCPU) dilaksanakan setiap hari Jumat atau momen tertentu selama satu tahun ini dengan metode sunathrone klamp.

Direktur Klinik Hamzar, dr. Afra Humaira menjelaskan, pihaknya di Klinik Hamzar membuat khitan gratis untuk anak yatim dan kurang mampu dengan metode sunathrone klamp. Saat ini didukung juga oleh Bank NTB Syariah dalam bentuk pemberian suvenir. “Kami harapkan ada dukungan dari donatur lainnya, sehingga bisa terlaksana dengan baik dan lancar. Kami terbuka bagi yang ingin berdonasi untuk khitan gratis bagi anak kurang mampu dan anak yatim di Klinik Hamzar,” katanya.

Iklan

Saat ini khitan gratis dilaksanakan setiap hari Jumat. Kalau donasi banyak, bisa dilaksanakan selain hari Jumat atau momen tertentu yang memungkinkan dilaksanakan sunatan massal. Di bulan Januari tahun 2021 Klinik Hamzar sudah mengkhitan anak sebanyak 26 orang, dan khitan akan terus dilaksanakan sepanjang tahun 2021 dengan target 200 anak yatim dan yang kurang mampu.

Tujuan dari khitan gratis ini, ujar Afra Humaira, selain wajib bagi muslim, juga untuk kesehatan. “Kami ingin anak-anak yang khitan tidak merakasan nyeri dan tidak merasa takut dengan metode sunathrone klamp, bisa langsung beraktivitas,” ujarnya.

Selain cepat dan aman untuk anak-anak, menurut Afra Humaira, sudah ada jurnal yang membahas metode sunathrone klamp. Dengan begitu sudah terbukti secara ilmiah. “Kalau tidak ada bukti ilmiah, kami juga tidak berani, sudah ada dari WHO mengizinkan, insya Allah sudah aman digunakan untuk anak-anak. Kami megahrapkan bisa gunakan metode ini, siapapun yang ingin menjadi donatur sangat berterima kasih,” pungkasnya. (ron)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional