Kinerja Kepala OPD Dievaluasi, Bupati Lotim Siapkan Mutasi Lanjutan

Wabup Lotim,  H. Rumaksi (Suara NTB/dok)

Selong (Suara NTB) – Pemkab Lombok Timur (Lotim) mempersiapkan untuk kembali menggelar mutasi lanjutan untuk pergantian pejabat setingkat eselon II. Para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) saat ini sedang dalam proses evaluasi.

“Semua pejabat eselon II saat ini sedang kita lakukan evaluasi kinerja,” terang Wakil Bupati H. Rumaksi saat dikonfirmasi usai sidang paripurna di DPRD Lotim, Senin,  26 November 2018.

Iklan

Menurutnya, mutasi  itu adalah hal yang biasa dalam sistem birokrasi. Ada yang nantinya akan diganti dan dicopot dari jabatannya merupakan hal yang wajar-wajar saja dalam sistem birokrasi. Kebijakan pimpinan yang menggeser dan mengganti para pembantunya dalam menyukseskan visi misinya lima tahun mendatang itu tidaklah perlu dirisaukan.

Menurutnya, seseorang Aparatur Sipil Negara (ASN) itu sudah terbiasa ditempatkan di mana saja mereka siap dan tidak perlu diperdebatkan terlalu panjang.

Pilihan terhadap pejabat mana yang ditempatkan menjadi pimpinan OPD katanya tergantung kebutuhan dari jabatan. Ditegaskan bukan karena alasan suka atau tidak suka terhadap pejabat yang menempati posisi jabatan tersebut. “Bukan like and dislike,” akuinya.

Prinsip dasar yang sedang digencarkan dalam proses pilihan pejabat adalah langkah percepatan. Lebih akseleratif dalam mengejar ketertinggalan Lotim di segala bidang. Mulai dari ketertinggalan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan masih banyaknya persoalan-persoalan mendasar di kabupaten dengan jumlah penduduk terbesar di NTB ini.

Pejabat yang ditempatkan lanjutnya sudah pula melalui proses pemilihan dan pertimbangan yang matang dari pimpinan. (rus)