Kinerja BUMD di KSB akan Dievaluasi

Taliwang (Suara NTB) – Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM menyatakan akan mengevaluasi kinerja seluruh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ada.

Di hadapan para anggota DPRD KSB saat gelar paripurna pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017, Kamis, 17 November 2016 menyebutkan, kritik mengenai keberadaan BUMD patut diapresiasi sebagai langkah kontrol lembaga terhadap kinerja pemerintah.

Iklan

“Soal BUMD ini saya pastikan akan mengevaluasi semuanya dan menyeluruh,” cetusnya.

Dijelaskannya, evaluasi yang akan dilakukan pemerintah terhadap BUMD terutama untuk menggali potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dapat dikembangkannya. Sebab sebagai perusahaan milik pemerintah, BUMD dibuat untuk tujuan memperoleh keuntungan. “Kita akan tekankan pada evaluasi aksi yang bisa dilakukannya untuk tujuan menggali PAD. Sebab BUMD tugasnya memang seperti itu, bukan terus mendapatkan kucuran dana dari pemerintah,” tegasnya.

Terkait fungsinya sebagai kantong penyumbang PAD, Bupati mengaku, beberapa BUMD yang dimiliki pemerintah belum maksimal di sisi itu. Namun ia bersyukur dari sisi mendukung kinerja pemerintah dalam rangka melayani masyarakat, beberapa BUMD sudah mulai menunjukkan kinerjanya. “Antara fungsi benefit dan sosial (membantu masyarakat) BUMD memang harus seimbang supaya kedua fungsinya itu bisa maksimal. Tapi sementara ini sosialnya dulu, sambil kita bertahap akan gali untuk pencapaian sumber PAD-nya,” sebutnya. (bug)

  Telan Rp 1,5 Miliar Sebulan, RPH Banyumulek Tak Difungsikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here