KIA Dapat Mengasah Kemandirian Anak

0

Mataram (suarantb.com) – Kartu Identitas Anak (KIA) menjadikan pengurusan administrasi anak lebih mudah dan efektif. Selain sebagai alat tertib administrasi kependudukan, dengan menggunakan KIA, anak dapat melakukan aktivitas secara mandiri di perbankan atau lembaga-lembaga pelayanan publik lainnya. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Mataram, H. Ridwan.

Dengan adanya KIA, anak dapat membuka tabungan atas namanya sendiri di bank, mengurus paspor, dan sebagainya. KIA berfungsi bagi anak sebagaimana KTP bagi orang dewasa, sehingga dalam pengurusan administrasi, anak tak perlu lagi bergantung kepada kartu identitas orang tua.

IKLAN

“Mau kemana-mana tinggal bawa KIA itu, tidak perlu bergantung kepada orang tua. Maka kemandirian anak dapat kita harapkan dari situ,” papar Ridwan.

Dengan KIA ini pun, di usia wajib KTP, anak tak perlu lagi repot dalam melakukan pengurusan, sebab data anak sudah terverifikasi ketika anak mendapatkan KIA. Hanya dengan membawa KIA yang telah ia miliki, di usia 17 tahun, ia sudah bisa mendapatkan KTP.

Dinas Dukcapil Kota Mataram sendiri telah mencetak dan mendistribusikan KIA sebanyak 15 ribu sampai awal Nopember ini. Ridwan berkata, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Mataram untuk pendistribusian KIA ke sekolah-sekolah di Kota Mataram. Selain itu, Dinas Dukcapil juga menggarap kelompok-kelompok masyarakat, seperti majelis taklim dan organisasi masyarakat lainnya untuk pengurusan KIA secara langsung.

“Majelis taklim tinggal bersurat kepada kita. Kita langsung jemput bola ke lapangan,” ujarnya.

Dinas Dukcapil Kota Mataram telah mendistribusikan KIA secara pro aktif kepada masyarakat, untuk mempermudah sehingga warga tak perlu mendatangi Kantor Dinas Dukcapil. Dengan demikian, pengurusan KIA menjadi lebih mudah dan relatif cepat. Ridwan mengaku, beberapa bulan terakhir, pengurusan KIA terus meningkat tajam. Menurutnya, hal ini dikarenakan masyarakat Kota Mataram menyadari pentingnya KIA.

Blangko KIA yang disediakan Dinas Dukcapil pun masih terbilang cukup banyak untuk mengantisipasi banyaknya pengurusan KIA jelang akhir tahun. Dari 70 ribu blangko yang disediakan, masih tersisa 55 ribu keping. (rdi)