Ketua Umum PBNU Dukung Pathul di Pilkada Loteng

Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siroj bersama Wabup Loteng, usai mengikuti tabligh akbar Harlah NU ke 94 di Praya, Selasa, 4 Februari 2020. (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Ketua DPC Partai Gerindra Lombok Tengah (Loteng) H.L. Pathul Bahri, S.IP, mendapat dukungan moral dari Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Prof. Dr. KH. Said Aqil Siroj, MA, jelang gelaran Pilkada Loteng mendatang.

Usai menghadiri Tabligh Akbar Harlah NU ke 94 di Praya, Selasa, 4 Februari 2020 kemarin, Said Aqil Siroj menegaskan dukungan kepada Wabup Loteng tersebut untuk bertarung di Pilkada Loteng September mendatang.

Iklan

Menurutnya, H.L. Pathul Bahri, S.IP., merupakan salah satu kader NU terbaik yang dimiliki Loteng. Dia dianggap layak untuk memimpin Loteng ke depan. Karena kriteria pemimpin sudah ada pada diri H.L. Pathul Bahri, S.IP.

“Saya kenal beliau  (H.L. Pathul Bahri, S.IP) sejak menjadi aktivis. Sosoknya, sangat sederhana, merakyat serta bersahaja dan jauh dari kesan bermewah-mewahan,” terangnya.

Sehingga pihaknya berkeyakinan Loteng akan bisa lebih maju jika dipimpin oleh figur seperti Pathul Bahri. Terlebih dengan pengalaman sebagai Wabup Loteng, tentu Pathul sudah sangat paham keinginan dan kebutuhan masyarakat di daerah ini. Sehingga sebagai pribadi, dirinya sangat mendukung Pathul maju di Pilkada Loteng mendatang.

Lalu bagaimana sikap NU? Said Aqil menegaskan, secara organisasi NU tidak boleh menyatakan dukungan kepada calon kepala daerah tertentu. Karena memang NU bukan partai politik. Tetapi organisasi kemasyarakat yang merupakan milik seluruh elemen masyarakat.

Tapi tentunya, sebagai kader NU menjadi satu kerugian besar kalau tidak mendukung kader NU. “Saya secara pribadi mendukung. Harusnya, warga NU lainnya juga mendukung. Walaupun secara organisasi tidak ada intruksi tertulis,” tandasnya.

PBNU sendiri lanjutnya, tentu sangat berharap Loteng bisa dipimpin oleh kader NU. Seperti di beberapa daerah lainnya. Baik itu provinsi maupun kabupaten/kota di Indonesia sudah banyak kader NU yang terpilih sebagai kepala daerah. Dan, Loteng saat ini sudah waktunya dipimpin oleh kader NU terbaiknya.

Terpisah, Wabup Loteng, H.L. Pathul Bahri, S.IP., mengaku tersanjung atas dukungan yang diberikan oleh Ketua Umum PBNU tersebut. Namun disatu sisi, hal itu sekaligus menjadi sebuah beban moral yang harus bisa dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

“Menjadi pemimpin itu bukan perkara mudah. Banyak aspek yang harus dipertimbangkan. Karena itu harus dipertanggungjawabkan di dunia maupun di akhirat,” tandasnya.

Dukungan yang diberikan tersebut, ujarnya menambah semangatnya untuk ikut bertarung di Pilkada Loteng mendatang. Dia berharap bisa memberikan pengabdian terbaik bagi masyarakat di daerah ini pada khususnya. Bangsa dan negara pada umumnya.

“Soal kesiapan, kita sudah pasti sangat siap. Apalagi sudah ada dukungan seperti ini,” timpal Pathul.

Disinggung kemungkinan adanya kader NU lain yang juga akan bertarung di Pilkada Loteng mendatang, Pathul mengatakan tidak ada masalah. Semua punya hak yang sama untuk bisa ikut bertarung di Pilkada Loteng mendatang. Bukan hanya kader NU. Tapi kader-kader organisasi lainnya juga bisa ikut bertarung di Pilkada Loteng. (kir)