Ketua KPU NTB : DPRD dan TAPD Sepakati Anggaran Pilkada 2018 Sebesar Rp 203 Miliar

Mataram (suarantb.com) – KPU NTB telah mengusulkan anggaran Rp 243 miliar untuk penyelenggaraan Pilkada 2018. Namun setelah dilakukan pembahasan dengan DPRD NTB  dan Tim Anggaran Pemerintah Daetah (TAPD) disepakati jumlah anggaran untuk  2017 sebesar Rp 15 miliar dan Rp 188 miliar pada tahun 2018.

“Sehingga jumlah anggaran yang disepakati adalah Rp 203 miliar. Ada pengurangan Rp. 40 miliar,” sebut Ketua KPU NTB, Lalu Aksar Anshori, SP kepada suarantb.com di ruang kerjanya, Selasa, 18 April 2018.

Iklan

Ia menambahkan anggaran Rp 203 miliar itu kemungkinan besar akan dilakukan rasionalisasi. Rasionalisasi anggaran tersebut terkait adanya sharing anggaran dengan tiga kabupaten/kota yang juga akan melaksanakan Pilkada. Kepastian jumlah efisiensi anggaran Pilkada itu akan diketahui nanti setelah  rapat koordinasi yang dipimpin oleh Gubernur bersama tiga Bupati/Walikota.

“Di sana kita akan melihat efisiensi anggaran dari Rp 243 miliar, Rp 203 miliar dan akan turun menjadi berapa lagi itu tergantung hasil rakor Gubernur dengan tiga Bupati/Walikota,” ujarnya.

Menurutnya sharing  dilakukan karena ada beberapa pos anggaran yang harus disepakati penganggarannya. Apakah menggunakan APBD provinsi atau APBD kabupaten/kota.

“Antara lain honor, bimtek, pengadaan buku panduan, distribusi logistik dan sebagainya,” jelasnya.

KPU NTB menargetkan sharing anggaran tersebut disepakati bulan April ini. Pihaknya masih menunggu Gubernur  melaksanakan rapat koordinasi tersebut.

“Yang jelas pemerintah provinsi sudah punya komitmen melaksanakan rapat koordinasi itu,” tandasnya. (bur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here