Ketua DPRD KLU Tolak Honor Satgas Covid-19

Nasrudin. (Suara NTB/dok)

Tanjung (Suara NTB) – Ketua DPRD Kabupaten Lombok Utara (KLU), Nasrudin, SH.I., secara tegas menolak menandatangani jatah honor yang dialokasikan oleh Pemkab Lombok Utara. Anggaran honor sebesar Rp2 juta lebih pun tidak diambil seiring keputusannya mundur dari Wakil Ketua Satgas Covid – 19 eksekutif Pemda KLU.

“Iya, dananya tidak saya ambil. Saya kembalikan. Dan saya juga menolak untuk tanda tangan,” ujar Nasrudin, belum lama ini. Politisi Gerindra ini mengaku, penolakan honorer bulanan Satgas ia lakukan sebelum dirinya mundur dari jabatan Satgas. Ia memilih tidak menerima honor, lantaran sejak awal tidak banyak terlibat pada agenda-agenda eksekutif.

Iklan

Sebaliknya, Nasrudin tetap memegang tupoksi sebagai anggota DPRD yang tugasnya mengawasi pelaksanaan anggaran oleh eksekutif. Selama berada di Satgas Eksekutif, Nasrudin merasa membawa peran ganda namun berseberangan. Di satu sisi sebagai pelaksana anggaran, tetapi di sisi lain, ia sebagai pengawas anggaran pemerintah.

“Sepertinya tidak nyambung apa yang saya perankan. Sebagai DPRD, tugas saya tetap melekat untuk mengawasi, bukan eksekutor,” tegasnya.

Ketua Fraksi Gerindra, Hakamah, S.KH., mendukung langkah mundur Ketua DPRD dari Partai Gerindra itu. Menurutnya, langkah mundur koleganya di DPRD itu didasari keinginan untuk fokus melakukan pengawasan. “Tidak hanya Gerindra, tapi 4 fraksi lain setuju beliau mundur dari Satgas eksekutif,” ucapnya.

Jabatan politik legislatif terkesan rancu dan rentan polemik bilamana berada di lingkaran eksekutif. Sebab peran anggota DPRD tetap melekat sebagai pengawas. Bahkan sebelum ini, politisi Gerindra lain juga mengambil sikap serupa. Di mana Ketua DPC Gerindra, Sudirsah Sujanto, mundur sebagai eksekutor anggaran di lembaga mitra pemerintah, KONI KLU.

“Jadi jelas sekali, jabatan anggota DPRD sebagai wakil rakyat ada di koridor pengawas. Kalau mau jadi eksekutor, itu ranah Bupati dan PNS,” tandasnya. (ari)

  Masih Kena Pajak, Pengusaha Hotel di Gili Protes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here