Ketika TGB Mencicipi Pengalaman Menembak dan Bertempur ala Militer

Mataram (Suara NTB) – Latihan ala militer diikuti 23 gubernur di Pantai Teluk Buton Tanjung Datuk Natuna, Kepulauan Riau, sejak Kamis, 18 Mei 2017 berakhir Jumat, 19 Mei 2017 lalu. Tapi ada sejumlah kejadian berkesan dalam kegiatan tersebut.

Hal itu diakui oleh Danrem 162/WB Kol. Inf. Farid Makruf, MA. Itulah katanya yang melekat di latihan pengenalan cara kerja alat utama sistem pertahanan (alutsista)  dan strategi tempur tersebut.

Iklan

Secara khusus Danrem menyebut Gubernur NTB TGH. M Zainul Majdi adalah panglima militer untuk wilayah NTB.  ‘’Gubernur sadar bahwa mereka adalah panglima militer di wilayah (NTB),” tegas Danrem menjawab Suara NTB, Sabtu, 20 Mei 2017.

Gubernur bisa menjadi komando melalui proses koordinasi dengan militer di daerah. Karena salah satu materi yang diterima, gambaran tentang tahapan perang apabila ada invasi dari negara luar melalui provinsi.

Saat menyaksikan latihan pertempuran, para gubernur juga diberikan gambaran tentang proses penetapan situasi darurat sipil sampai dengan situasi perang.

Danrem pun menangkap kesan dari gubernur, tentang kecintaan yang semakin kuat kepada TNI. Karena setelah kegiatan, sangat bermanfaat untuk meningkatkan tekad bela negara para gubernur.

‘’Ini melelahkan tapi membanggakan dan tak akan terlupakan,’’ Danrem mengungkapkan ekspresi para gubernur.

Danrem juga menceritakan pengalamannya mendampingi saat latihan menembak pistol dan laras panjang. Ada momen heroik saat Tuan Guru Bajang (TGB) – sapaan Gubernur NTB – menarik pelatuk dan membuat senpi menyalak.

Ada juga momen sakral ketika TGB dan 23 gubernur lainnya dibaret langsung oleh Panglima TNI Jendral TNI Gatot Nurmantyo.  Baret simbol bela negara sekaligus penyematan sebagai warga mitra TNI.

‘’Latihan perang ini memperkenalkan situasi nyata kehidupan militer dan profesionalitas pekerjaannya,’’ kata Danrem.

Latihan bukan sekadar hal hal dasar pengenalan cara kerja senjata hingga strategi tempur militer TNI, tapi TGB dan para gubernur lain bisa merasakan keterampilan seperti menembak.

Pertempuran jarak dekat, mobil udara dengan simulasi perpindahan pasukan dari mobil ke helikopter, kemudian menjajal Sea Raider dan merasakan perjalanan dengan KRI. (ars)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here