Ketersediaan Air PDAM Giri Menang Tak Terpengaruh Banjir

Mataram (suarantb.com) – Ketersediaan air bersih untuk masyarakat Kota Mataram dan Lombok Barat pascabanjir yang terjadi beberapa waktu lalu masih normal. Baik kualitas air serta pipa PDAM Giri Menang hingga saat ini belum terdampak oleh adanya musibah tersebut. Demikian disampaikan Direktur Utama PDAM Giri Menang, H. Lalu Ahmad Zaini, Rabu, 21 Desember 2016.

Zaini mengatakan, untuk saat ini, akses air bersih masih lancar. Kendati di beberapa bagian galian pipa dan struktur jalan terdapat kerusakan akibat longsor dan banjir, namun dikatakan tidak ada pipa yang rusak atau hanyut. Sehingga masyarakat tidak perlu risau akan ketersediaan air.

Iklan

“Sampai saat ini belum ada yang sampai hanyut. Saat ini lho, ya, kita kan nggak tahu besok-besoknya terjadi hujan besar lagi. Tapi untuk saat ini masih aman saja,” terangnya.

Demikian juga dengan kualitas air dinilai bersih tanpa terpengaruh oleh banjir tersebut. Sebab, sumber air PDAM Giri Menang dialirkan langsung dari mata air. Oleh karena itu, kualitas air yang dialirkan ke masyarakat dijamin tetap bersih dan layak konsumsi.

“Kan sumber air kita berasal langung dari mata air. Mata air itu relatif tidak banyak perubahan, biasanya tidak ada pengaruhlah. Kalau air permukaan baru (terpengaruh), bisa keruh dia,” jelas Zaini.

Selain itu, di musim hujan ini, debit air dari sumber mata air PDAM Giri Menang mengalami kenaikan lima hingga sepuluh persen. Kendati kenaikan tersebut tidak signifikan, tapi cukup untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat Mataram dan Lombok Barat.

“Debit air naik, tapi perubahannya sedikit, tidak terlalu signifikan. Paling sekitar lima atau sepuluh persen,” paparnya. (rdi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here