Kesulitan Air Bersih, Warga di Perbukitan Sekotong Tengah Swadaya Bangun Sumur Bor

Warga yang tinggal di daerah perbukitan Dusun Telor Jago Desa Sekotong Tengah swadaya membangun sumur bor. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Warga yang bermukim di daerah perbukitan Dusun Telor Jago Desa Sekotong Tengah Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat secara swadaya membuat sumur bor untuk mengantisipasi dampak kesulitan air pada musim kemarau tahun ini.

Sekitar 244 KK yang terdapat di dusun yang terletak di daerah perbukitan Sekotong Tengah ini mendatangkan jasa pembuatan sumur bor secara swadaya.’’/Ada yang membuat sumur bor secara berkelompok dengan anggota bervariasi dari 10-20 KK untuk membuat 1 sumur bor,’’ ujar Murtazam,Kepala Dusun Telor Jago kemarin.

Iklan

Dijelaskan Murtazam, pembangunan sumur bor tersebut murni inisiatif masyarakat di dusunnya. Hal tersebut dikarenakan jika mengharapkan bantuan pemerintah prosesnya lama dan sulit terealisasi.”Ya, sambil menunggu mungkin ada program pembangunan sumur bor dari pemerintah atau pihak lainnya, kami membuat sumur bor secara swadaya.Itupun hanya bisa melayani sekitar 50 kepala keluarga,”lanjut Murtazam.

Lebih jauh dikatakan, bahwa selama ini warganya memperoleh air bersih dari sumur-sumur dangkal.Selain itu  dari sumber mata air di kali kecil  yang banyak terdapat pada musim penghujan.Sedangkan pada musim kemarau menjadi kering. ‘’Alhamdulillah,dengan secara swadaya masing-masing kelompok mengeluarkan dana sekitar Rp29 juta untuk ongkos pengeboran saja dengan kedalaman 50-70 meter,’’ jelasnya.

Terkait dengan jumlah perkiraan titik sumur bor yang dibutuhkan di dusunnya, Murtazam menyebutkan masih butuh sekitar 10 titik.”Sumur bor yang sudah ada sebanyak 4 titik dengan jumlah KK yang dilayani sekitar 50 KK.Karena warga kami tinggal tidak dalam satu kawasan pemukiman,tetapi berkelompok secara terpisah-pisah,”jelasnya .

Sedangkan pada kesempatan lainnya,Kepala Desa Sekotong Tengah, Lalu Sarappudin menyebutkan telah menganggarkan pembangunan beberapa unit sumur bor melalui Dana Desa (DD).”Sejak tahun anggaran 2019 kami telah membangun 1 unit sumur bor di Dusun Long-Longan,Montong Galih,dan Lebah Suren.Sedangkan di Dusun Serero kami sharing anggaran bersama Dinas PUPR Lombok Barat untuk pengelolaan Pamsimas,’’jelas Kades Lalu Sarappudin. (her)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional