Kesiapan Mudik 2017, Ini Penjelasan Dishub NTB

Mataram (suarantb.com) – Musim mudik segera tiba, tradisi umat Islam di tanah air yang rutin dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Mengantisipasi mudik Lebaran di NTB, Kepala Dinas Perhubungan NTB, Lalu Bayu Windya menyatakan ketersediaan armada mencukupi.

Mulai dari alat transportasi darat, laut dan udara  dalam jumlah memadai untuk melayani pemudik. “Jumlah kendaraan, mulai dari bus dan kapal laut kapasitas yang tersedia cukup. Perkiraan kenaikan penumpang 10-15 persen bisa dilayani,” jelasnya ditemui di kantornya, Selasa, 13 Juni 2017.

Iklan

Untuk bus, baik untuk angkutan dalam provinsi dan antar provinsi tersedia ribuan kursi. Demikian pula kapal penyeberangan, untuk rute Kayangan-Poto Tano tersedia 23 kapal dan Padangbai-Lembar 33 kapal, yang beroperasi 24 jam, ditambah KMP Legundi rute Lombok-Surabaya.

“Untuk sektor udara juga masih mencukupi, belum akan ada ekstra flight,” katanya.

Selain armada, untuk melayani pemudik pos-pos pun akan disiapkan, seperti pos pelayanan terpadu di Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Kayangan, Pelabuhan Poto Tano, Terminal Mandalika dan Bandara Internasional Lombok.

“Kepolisian juga akan buat pos pengamanan di titik-titik yang rawan kecelakaan. Dinas kesehatan juga akan ada pos layanan kesehatan. Semua nanti kita koordinir dari Dishub,” imbuhnya.

Ditanya mengenai kondisi sarana prasarana tersebut, Bayu meyakinkan pelabuhan dan kapal dalam kondisi bagus. Meski untuk bus, dari hasil pengecekan sementara ada yang perlu dilengkapi. (ros)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional