Kesbangpoldagri KSB Terbitkan SKT 5 Parpol Baru

Taliwang (Suara NTB) – Kantor Kesatuan Bangsa Politik Dalam Negeri (Kesbangpoldagri) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sejauh ini telah menerbitkan surat keterangan (SKT) terhadap 5 Partai Politik (Parpol) baru.

Berdasarkan data Kesbangpoldagri KSB, kelima partai yang menyatakan keberadaannya di daerah itu di antaranya, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Islam Damai Aman (Idaman), Partai Suara Rakyat Indonesia (Parsindo), Partai Beringin Karya dan terakhir Partai Rakyat.

Iklan

“Kelima partai ini sudah datang ke kami dan kami pun sudah menerbitkan SKT-nya,” terang Kasi Ormas dan Orpol Kesbangpoldagri KSB, Edi Sofyan kepada wartawan, Senin, 9 Oktober 2017.

Ia menjelaskan, secara aturan bagi Parpol baru yang hadir di daerah wajib melaporkan diri ke pemerintah setempat atas keberadaannya. Pemerintah melalui Kesbangpoldagri selanjutnya menerbitkan SKT sebagai pegangan Parpol bersangkutan untuk kebutuhan syarat pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Kami juga sudah mengkonfirmasi setiap Parpol itu ke KPU. Karena nanti SKT yang mereka bawa akan disesuaikan dengan yang kita laporkan,” terangnya.

Dari data nasional saat ini, selain partai di atas masih terdapat 1 lagi partai baru yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Ditanya mengenai partai tersebut, Edi mengaku, partai tersebut sejauh ini belum datang melaporkan diri ke Kesbangpoldagri.

“Sementara ini belum satu pun pengurusnya datang melaporkan diri. Mungkin belum atau memang pengurusnya tidak ada di kabupaten ini,” sebutnya.

Ia menyampaikan, persyaratan Parpol baru untuk mendapatkan SKT sangat sederhana. Parpol bersangkutan cukup mendatangi kantor Kesbangpoldagri setempat dan menyerahkan seluruh syarat berupa, SK kepengurusan dari pimpinan pusat partai, alamat kantor partai di daerah dan beberapa syarat administrasi lainnya.

“Sangat mudah, formulirnya hanya selembar saja kok. Begitu semua dipenuhi syaratnya maka kami akan langsung terbitkan SKT-nya. Nah SKT itu nantinya akan dibutuhkan Parpol untuk mendaftar ke KPU,” urainya. (bug)