Kerugian Banjir Sumbawa Masih Didata

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, yang juga Ketua Tim Tanggap Darurat Kabupaten, menyatakan sejauh ini belum bisa menghitung berapa nilai kerugian yang diakibatkan banjir bandang ini. Pendataan masih terus dilakukan, mengigat masih cukup banyak infrastruktur yang tergenang air.

“Estimasi kerugian belum bisa kita hitung. Seba ternyata masih banyak infrastruktur, seperti jalan, jembatan, saluran irigasi, bronjong dan lainnya yang masih terendam banjir. Kita belum bisa mengukur berapa panjang kerusakannya. Sementara ini baru bisa kita sebut lokasinya saja. Yang jelas, laporan ke pusat terus di-update,” terang Wabup, usai memimpin rapat di Posko Induk bersama NGO, Senin, 13 Februari 2017.

Iklan

Dalam rapat tersebut, Wabup mengkoordinasikan semua NGO yang terlibat dalam peduli korban banjir ini. Mereka didaftarkan, kemudian kebutuhan lapangan seperti apa tetap harus berkoordinasi dengan Kapolsek dan Danramil setempat. “Mereka bergerak di lapangan, tolong dikoordinasikan. Supaya jangan sampai bantuan dari mereka tumpang tindih dengan kita. Harus jelas, berapa kekuatan mereka, berapa saja daerah yang dilayani. Kalau kekurangan, kita support dari posko induk,”ujarnya.

Sementara itu, delapan Anggota DPRD NTB dari Dapil Sumbawa KSB, juga dalam beberapa hari terakhir turun langsung menyasar korban bencana banjir. Termasuk korban terdampak longsor di Batulante.

“Secara urunan kita berdelapan, sesama masyarakat Tau Samawa, inilah bentuk kepedulian kita. Kami juga berkoordinasi dengan Pemprov dan SKPD teknis di Provinsi. Bantuan dari kami, ada yang langsung kami salurkan, ada pula melalui Tagana, Pramuka dan Orari,” sebut Nurdin Ranggabarani, anggota DPRD NTB Dapil Sumbawa.

Bagi masyarakat yang ingin memberikan bantuan kepada korban banjir Kabupaten Sumbawa, dapat disalurkan melalui Rekening Pemda Bantuan Bencana Banjir BNI 46 Cabang Sumbawa Rek. Nomor. 0507357218; Bank BRI Cabang Sumbawa Rek. Nomor 0093-01-012977-53-1, a.n. Pemda Posko Bencana Banjir. (arn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here