Keracunan Massal Jadi Pukulan Telak Dikes KSB

Taliwang (Suara NTB) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumbawa Barat, akan memberikan atensi sangat serius terhadap jajanan anak sekolah. Hal tersebut dilakukan pasca keracunan massal para siswa/siswi SMPN Maluk belum lama ini.

Kepala Dikes, H. Tuwuh S. Ap, kepada Suara NTB mengatakan, keracunan di SMP Maluk memang menjadi pukulan telak bagi dinas terkait, karena lengah melakukan pengawasan makanan anak sekolah. Tentu masalah itu tidak boleh terulang lagi, untuk itu pengawasannya akan semakin dimaksimalkan. Bahkan pola yang akan diterapkan nanti yakni pengawasan berkala ke semua sekolah  terkait makanan yang diperjualbelikan.

Iklan

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan petugas khusus yang akan melakukan Pemeriksaan Mendadak (Sidak) di tiap sekolah. Jika ditemukan ada makanan yang kadaluwarsa dan rusak, maka hal utama yakni menarik produknya dan pembinaan. “Selain pemeriksaan yang bersifat reguler, kita juga menyiapkan tim khusus yang untuk turun sidak ke sekolah-sekolah. Jika ditemukan maka hal yang utama dilakukan pembinaan dan menarik jajanan itu,” ungkapnya. (ils)